Brilio.net - Banyak anak muda kini yang merambah dunia bisnis dengan modal seuprit alias kecil sekali. Seperti kebanyakan keyakinan para pebisnis, modal bukan hal utama yang harus dipusingkan dalam berbisnis, melainkan niatan dan konsistensi pantang menyerah yang juga memainkan peranan penting.

Hal itu pula yang dianut Rofi Nur Aziz Saputra (23), pebisnis muda asal Malang, Jawa Timur. Bermodalkan Rp 50.000, usahanya di bidang pakaian dan aksesori penunjang penampilan dengan merek Oyi Sam bisa mendatangkan keuntungan kurang lebih Rp 30 juta setiap bulannya. Bahkan produknya sudah merambah manca negara seperti Hongkong dan Taiwan.

Produk Oyi Sam ini ternyata memiliki keunikan tersendiri, lho. "Kan Malang khas-nya bahasa walikan (kebalikan), saya padukan dengan nuansa Arema yang biru-biru," ujar cowok alumni SMKN 4 Malang ini. Jadi, usut punya usut nama Oyi Sam adalah bahasa Jawa dari "Iya Mas" yang dibalik menjadi "Ayi Sam". Kata "iya" di bahasa Jawa menjadi "iyo".

Walaupun Rofi menyatakan bahwa pemesan dari luar negeri itu adalah warga Malang yang bekerja di sana dan jumlah pesanan masih lusinan, tapi dia berharap ke depannya bisa berkembang la sampai ke luar negeri. Tentu aja semangat tanpa batas Rofi ini sudah menunjukkan hasil yang #BikinKerenIndonesia.

Nah, kalau kamu kemarin ngikutin event #BikinKerenIndonesia, cek lagi yuk sosok-sosok inspiratif lain atau keragaman Indonesia yang keren banget di telkomsel.com/bikinkerenindonesia. Tetap semangat membuat bangga Indonesia ya, Sobat Brilio!