Brilio.net - Ibu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sujiatmi Notomiharjo, meninggal dunia pada Rabu (25/3) sore kemarin. Sujiatmi mengembuskan napas terakhirnya karena sakit kanker yang telah lama dideritanya.

Sujiatmi kecil dulunya lahir dari keluarga pedagang kayu di Dusun Gumukrejo, Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali. Perempuan kelahiran 1943 tersebut adalah anak perempuan satu-satunya, dari tiga bersaudara dari Wirorejo dan Sani.

Kendati demikian, kedua orangtuanya tak pernah membeda-bedakan perlakuan terhadap ibu Jokowi tersebut. Sama seperti kakak lelakinya, Sujiatmi juga disekolahkan di SD Kismoyo yang letaknya sekitar 5 km dari rumah.

Setiap hari, jarak sejauh itu pun ditempuh Sujiatmi dengan berjalan kaki. Namun kadang juga ditempuhnya dengan sepeda.

Adapun pelajaran yang paling disukainya ialah berhitung. Dalam buku 'Saya Sujiatmi, Ibunda Jokowi (2014)', karya Kristin Samah dan Fransisca Ria Susanti dikatakan bahwa ia selalu berusaha menjadi yang pertama mengacungkan jari untuk mengerjakan soal-soal hitungan di depan kelas.

Tak disangka, kemampuan berhitungnya tersebut kemudian menjadi kelebihan Sujiatmi dalam membantu suaminya membangun usaha.

mengenang Sujiatmi Notomiharjo © 2020 brilio.net

foto: jokowi dan sujiatmi tahun 2014/merdeka.com



Usut punya usut, Widjiatno sang suami adalah kawan sepermainan kakak Sujiatmi. Keduanya bertemu saat Widjiatno duduk di bangku SMA, sementara Sujiatmi masih di bangku SMP.

Seiring berjalannya waktu, benih-benih cinta pun tumbuh di antara keduanya. Mereka lalu menikah di usia yang masih sangat muda pada 23 Agustus 1959.

Kala itu Sujiatmi masih berusia 16 tahun, sedangkan Widjiatno berumur 19 tahun. Keduanya juga belum lulus sekolah. Akan tetapi, di masa itu, perempuan berusia 16 tahun memang sudah jamak menikah. Tak sedikit kawan-kawan Sujiatmi kala itu yang sudah menikah lebih dulu.

Kini ibunda tercinta Presiden Jokowi itu telah menghadap Allah SWT. Kendati demikian, nilai-nilai yang diajarkannya akan terpatri di sanubari sang anak. Selamat jalan ibu Sujiatmi.