Brilio.net - Almarhum Presiden RI ke-3, Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie memang begitu dikagumi oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, BJ Habibie merupakan tokoh besar Indonesia yang mengharumkan nama bangsa dengan segudang pencapaiannya untuk Tanah Air.

BJ Habibie memang merupakan sosok yang berbeda, hal ini sudah ditunjukkannya sejak ia masih muda. Putra bangsa kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 ini merupakan sosok negarawan yang visioner. Namanya tak hanya harum di Tanah Air saja, namun hingga keluar negeri, terutama Jerman, tempat di mana ia menuntut ilmu.

Lalu seperti apa sosoknya ketika masih muda? Berikut lansiran brilio.net dari liputan6.com, Senin (16/9).

1. BJ Habibie dikenal sebagai sosok yang cukup cerdas. Habibie lah sang pionir yang meletakkan fondasi demokrasi bagi Indonesia yang bisa kita nikmati pada saat ini.

Potret masa muda BJ Habibie istimewa

Loading...

2. Masa muda Habibie dihabiskan di Aachen, Jerman pada tahun 1959. Kala itu ia fokus dengan studinya di jurusan Teknik Pernerbangan. Tentunya masih segar dalam ingatan kita semua pesawat N-250 Gatot Kaca, pesawat turboprop berkapasitas 50-70 penumpang berhasil lepas landas pada tanggal 10 Agustus 1995 sebagai kado kemerdekaan Indonesia ke-50 tahun.

Potret masa muda BJ Habibie istimewa

3. Habibie memang memiliki ketertarikan yang sangat kuat dengan Jerman. Bagaimana tidak, ia menuntut ilmu di Rheinisch-Westfälische Technische Hochschule (RWTH) Aachen, Jerman Barat, jurusan Konstruksi Pesawat Terbang pada tahun 1955. Di universitas tersebut, ia meraih gelar Doktor-Ingeniur dengan predikat summa-cumlaude.

Potret masa muda BJ Habibie istimewa

4. Mungkin sebagian kita sudah tahu dari cerita yang diangkat ke layar lebar bagaiman BJ Habibie begitu menyukai teknik penerbangan. Bagaimana perjuangannya untuk mewujudkan semua impiannya.

Potret masa muda BJ Habibie istimewa

5. Hampir 20 tahun BJ Habibie berkarier di Jerman. Bahkan ia pernah menududuki jabatan Wakil Presiden perusahaan penerbangan Messerschmitt Bolkow-Blohm, sebelum akhirnya kembali ke Indonesia.

Potret masa muda BJ Habibie istimewa

6. BJ Habibie menikah dengan pujaan hatinya, Hasri Ainun Besari pada tanggal 12 Mei 1962. Dari pernikahannya itu mereka dikarunia 2 orang putra, yakni Ilham Habibie dan Thareq Kemal Habibie.

Potret masa muda BJ Habibie istimewa

7. BJ Habibie menikah di usia yang terbilang cukup muda yakni 26 tahun. Seperti yang diketahui ia sangat mencintai istrinya. Bahkan tak sedikit yang mengatakan bahwa Habibie merupakan sosok pria yang romantis, setia dan menjadi idaman banyak wanita.

Potret masa muda BJ Habibie istimewa

RECOMMENDED BY EDITOR