Brilio.net - Belum lama ini, kisah cinta anak bungsu Amien Rais menuai banyak perhatian publik. Pasalnya, Selma Denna, sang menantu justru membeberkan sendiri kronologi pertemuannya dengan anak bungsu Amien Rais. Selma yang kala itu masih memiliki pacar memilih untuk menerima pinangan Ahmad Baihaqy Rais.

Sebelum kisah Haqy-Selma, kisah Hanum Salsabiela juga tak kalah menarik. Bahkan pengalaman putri kedua Amien Rais semasa di Eropa menamani sang suami melanjutkan studi pun diangkat menjadi novel dan telah difilmkan.

Mantan Ketua MPR periode 1999-2004 ini memili lima orang anak dari pernikahannya dengan Kusnariyati Sri Rahayu. Apakah sang anak juga memiliki karier semoncer ayahnya?

Nah berikut brilio.net akan membahas prestasi karier putra-putri Amien Rais yang dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (16/3).

1. Ahmad Hanafi Rais

5 anak amien © 2017 brilio.net foto: Istimewa

Anak tertua Amien Rais, Ahmad Hanafi Rais mengikuti jejak sang ayah di kancah politik. Saat ini pria 37 tahun ini menjabat sebagai Wakil Ketua Fraksi PAN dan Komisi Pertahanan DPR RI.

Sebelum menjadi anggota DPR, Hanafi pernah mencalonkan diri sebagai walikota Yogyakarta pada 2011 lalu berpasangan dengan Tri Harjun Ismaji. Hanafi juga aktif dalam partainya hingga sekarang.

2. Hanum Salsabiela Rais

5 anak amien © 2017 brilio.net foto: Instagram/@hanumrais

Anak keduanya, Hanum Salsabiela Rais memilih jalur berbeda dari sang kakak. Setelah lulus dari Fakultas Kedokteran Gigi UGM, Hanum memilih berkarier sebagai jurnalis di stasiun TV swasta. Setelah menikah dengan Rangga Al-Mahendra, ia ikut suami yang saat itu menempuh pendidikan S3 di Vienna.

Di Eropa, Hanum bekerja secara freelance. Hanum menyukai dunia menulis, hingga saat ini setidaknya 4 buku yang ia tulis. Buku pertama Menapak Jejak Amien Rais: Persembahan Seorang Putri untuk Ayah Tercinta, 99 Cahaya di Langit Eropa, Bulan Terbelah di Langit Amerika dan Berjalan di Atas Cahaya. Bahkan dua novelnya, 99 Cahaya di Langit Eropa dan Bulah Terbelah di Langit Amerika telah dijadikan film.

3. Ahmad Mumtaz Rais

5 anak amien © 2017 brilio.net foto: Instagram/@futrizulya

Seperti sang kakak, Mumtaz juga terjun ke dunia politik. Bahkania lebih dulu menjadi anggota DPR. Mumtaz terpilih sebagai anggota DPR RI periode 2009-2014 dari Partai Amanat Nasional mewakili Jawa Tengah khususnya Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banyumas.

Lulusan Sarjana Ekonomi UGM ini juga merupakan menantu dari, mantan menteri kehutanan Zulkifli Hasan. Mumtaz menikahi Futri Zulya Savitri dan kini telah memiliki dua buah hati.

4. Tasniem Fauzia Rais

5 anak amien © 2017 brilio.net foto: Instagram/@tasniemrais

Putri keempat Amien Rais, Tasniem Fauzia Rais merasakan sekolah di luar negeri sejak SMA. Lulus dari United World College of South East Asia, Singapura Tasniem melanjutkan study S1 di Ritsumeikan Asia Pasific University, Jepang. Setelah lulus, ia bekerja di perusahaan retail di Jepang selama satu tahun.

Kini setlah menikah dengan Ridho Rahmadi, Tasniem memilih menjadi entrepreneur dan penulis. Selain itu ia juga aktif sebagai pengajar di sekolah Budi Mulia Dua, Yogyakarta.

5. Ahmad Baihaqy Rais

5 anak amien © 2017 brilio.net foto: Instagram/@selmadenna

Bungsu pasangan Amien Rais dan Kusnariyati Sri Rahayu ini memilih berbisnis kuliner. Kehidupan pribadinya pun tak pernah terekspos sama sekali. Namun, setelah kisah cintanya diumbar oleh sang istri, nama Haqy Rais turut banyak dicari.