Brilio.net - Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 menjadi babak penting dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Peristiwa ini menjadi bukti nyata peran anak-anak muda Indonesia dalam mempersatukan bangsa yang majemuk.

Tekad anak-anak muda Indonesia memperjuangkan kemerdekaan lewat ikrar mereka akan kesatuan Tanah Air, bangsa, dan bahasa telah membakar semangat rakyat Indonesia. Bahkan semangat juang tersebut masih terus membara hingga saat ini.

Terbukti, anak-anak muda Indonesia saat ini sebagai generasi penerus memiliki semangat juang tinggi bertindak demi kemajuan dan persatuan bangsa. Seperti dilakukan deretan anak muda Indonesia di bawah ini yang menginspirasi lewat kontribusi kecil tapi nyata untuk kemajuan masa depan Indonesia.

Siapa saja mereka? Yuk simak kisah inspiratif empat anak muda Indonesia pilihan Indosat Ooredoo yang sudah dilansir Brilio.net dari berbagai sumber, Senin (28/10).

1. Dilla Fadiela.

Loading...

Kontribusi kecil tapi nyata 4 pemuda Indonesia ini menginspirasi berbagai sumber

foto: Instagram/@dilfadiel

Sejak terpilih menjadi Putri Indonesia Perdamaian 2018, Dilla Fadiela tak henti menyebarkan pesan damai dan pentingnya persatuan bangsa. Aksi nyata perempuan 26 tahun ini aktif menebar semangat perdamaian dan memberi contoh bagi kaum muda di media sosial.

"Dengan aku sebagai duta atau Puteri Perdamaian, itulah tugasku bagaimana untuk mencegah atau menjadi contoh bagi kaum muda terutama, untuk mengatasi masalah atau konflik yang ada di beberapa daerah. Nah, tapi kalau aku sekarang ini lebih concern di media sosial, karena kan kita masuk ke new era," kata Dilla saat diwawancarai Brilio.net pada 28 Desember 2018.

Kontribusi kecil tapi nyata lain yang dilakukan lulusan Ilmu Komunikasi Atmajaya Yogyakarta ini adalah kepeduliannya pada lingkungan dan kelestarian alam Indonesia. Khususnya kelestarian pantai Indonesia.

Ya, dara cantik yang sudah terjun ke dunia model sejak duduk di bangku Taman Kanak-kanak ini diketahui juga menjadi aktivis pembersih pantai.

2. Renydin Yansiku.

Kontribusi kecil tapi nyata 4 pemuda Indonesia ini menginspirasi berbagai sumber

foto: Instagram/@j.jeen

Cewek asal Maumere, Flores, NTT ini sangat bangga dengan budaya Indonesia terutama Flores. Kecintaan Renydin pada tanah kelahirannya bisa langsung terlihat dari penampilannya.

Lewat media sosialnya, cewek yang aktif di dunia model ini kerap membagikan keindahan alam dan budaya Flores. Selain itu, Renydin juga punya cara unik mencintai budayanya yaitu dengan menjadi model line clothing yang fokus mempromosikan ciri khas budaya Flores.

Meski terlihat sederhana, Renydin telah berkontribusi melestarikan dan mencintai budaya Indonesia.

3. Christine Titahena.

Kontribusi kecil tapi nyata 4 pemuda Indonesia ini menginspirasi berbagai sumber

foto: Instagram/@christintitahena

Cewek cantik dari timur Indonesia ini punya passion yang unik. Berbeda dari kebanyakan perempuan Indonesia yang seringnya ingin menjadi penyanyi biasa, Christine justru ingin menjadi rapper.

Tak main-main, mahasiswi Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta ini sudah pernah tampil di beberapa kafe ternama Jogja. Bahkan, Christine juga mempunyai satu lagu bertajuk 'I Kill You Now' yang dibawakannya bersama VMOR GVNK.

Uniknya, alih-alih menggunakan bahasa Inggris, Christine dan teman-temannya justru lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa daerah Ambon pada lirik lagu. Ini menunjukkan kecintaan Christine pada bahasa daerah dan Indonesia.

Christine jadi contoh anak muda Indonesia yang menaruh semangat Sumpah Pemuda dengan cara kekinian.

4. Wilona Arieta Gatraputri.

Kontribusi kecil tapi nyata 4 pemuda Indonesia ini menginspirasi berbagai sumber

foto: Instagram/@wilonaarieta

Anak muda inspiratif satu ini datang dari bidang pendidikan. Memilih berbagi ilmu secara digital, Wilona kini aktif sebagai pengajar/guru online.

Cewek kelahiran 1988 ini merupakan lulusan Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Meski begitu, cewek yang akrab disapa Wilo ini lebih tertarik terjun ke dunia pendidikan menjadi pengajar online.

Lewat media sosialnya, Wilo kerap membagikan soal-soal latihan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) beserta jawaban dan penjelasannya. Tak jarang, Wilo juga memberi tips dan saran menghadapi ujian atau memilih jurusan yang tepat.

Tak hanya bidang pendidikan, Wilo juga aktif mengajar kelas zumba. Perempuan yang punya hobi naik gunung dan mengikuti lomba lari marathon ini telah membuktikan kontribusi nyata bagi kemajuan pendidikan Indonesia.

Hal-hal kecil yang dilakukan anak-anak muda Indonesia di atas merupakan bukti kontribusi nyata sebagai penerus bangsa. Meski nama mereka belum diketahui banyak orang, perjuangan anak-anak muda Indonesia di atas dalam mengejar mimpi dan harapan membangun negeri tercinta layak diacungi jempol.

Terlepas dari kekurangan dan keterbatasan yang mereka hadapi, anak-anak muda Indonesia ini pantang menyerah membuat perubahan di sekitarnya. Hal ini selaras dengan semangat Sumpah Pemuda untuk membawa Indonesia ke arah lebih baik.

Memanfaatkan perkembangan teknologi, anak-anak muda Indonesia ini mampu menyalurkan passion dan spirit yang mereka miliki. Lewat media sosial dan koneksi internet yang lancar dari Indosat Ooredoo, mereka menunjukkan kontribusi kecil tapi nyata bagi kemajuan Indonesia.

Sudah 52 tahun Indosat Ooredoo mendukung ribuan anak muda Indonesia mewujudkan mimpi, harapan, dan tujuan demi membangun bangsa yang lebih baik. Dukungan Indosat Ooredoo semakin mempermudah anak-anak muda Indonesia berkontribusi untuk negeri.

Siapapun kamu dan sekecil apa pun perananmu akan jadi kontribusi besar untuk membangun Indonesia lebih baik.  #SatukanSemangatmu berkontribusi untuk membangun bangsa dan Indosat Ooredoo akan mendukung di setiap aktivitasmu. Tunggu apa lagi? Satukan Semangatmu di sini.

RECOMMENDED BY EDITOR