Brilio.net - Sebagian orang pasti akan beranggapan hidup sebagai menteri itu serba enak. Semua pasti dilayani. Eits…tapi tunggu dulu. Ternyata nggak semua menteri kabinet bermental “juragan” lho. Buktinya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan tak segan lho untuk nyetrika pakaiannya sendiri.

Situasi inilah yang terlihat pada postingan foto Pak Menteri di akun Facebooknya, Selasa (24/5). “Bagi saya keteladanan itu sederhana, salah satunya adalah melakukan sendiri apa yang bisa kita lakukan. Menjadi pemimpin itu hanya sementara. Tapi keteladanan akan terus diingat selamanya. (Salam hangat dari Moskow, 23 Mei 2016),” tulis Pak Menteri.

BACA JUGA: Pak menteri kok jalan kaki ke kantor? Kenapa ya?

Sontak, postingan itu mendapat banyak komentar. “Jenderal yg humanis dan kopassus sejati.... Nggak nyangka dapet posting beliau nyetrika sendiri padahal sdh kelasnya menko hehehehe salute Jenderal,” komentar Yosi Rendra Andersen.

“Wahhh hebat pak.. kadang menjadi pemimpin tidak selamanya identik dengan memerintah terus, tetapi menjadi teladan dalam bertindak itu yang sangat langkah dan jarang... semoga gaya kepemimpinan Kristus dapat diterapkan dalam hidup bapak... sebab Dia yang adalah Raja di atas segala raja, mau menjadi manusia yang hina... bukankah itu teladan agung yang luar biasa. JBU,” tulis Jhon Musa Renhuard.

Kendati begitu masih ada juga yang berkomentar bahwa yang dilakukan Pak Menteri hanyalah sebuah pencitraan. “Wah... Mantaap pencitraan nya pak.. Mudah2an ada kesadaran utk berubah menjadi pahlawan sejati seperti leluhur bapak sebelumnya... Dan meniru Sang Jendral Prabowo yg melakukan banyak kebaikan dan pertolongan tanpa pernah di ekspose dan di citrakan....menjadi jenderal yg low profile dan membuat banyak kebaikan tanpa perlu ada yg tahu dan dicitrakan...,” sebut Muhammad Isnaini Isketambola.

Meski banyak pro kontra menanggapi foto ini, tapi setidaknya Pak Menteri yang satu ini tahu betul pekerjaan keseharian rakyatnya.