Brilio.net - Luasnya wilayah Indonesia membuat banyak masyarakat yang tidak bisa menyaksikan langsung aksi para atlet di Asian Games 2018. Kalaupun ada waktu untuk datang ke Jakarta atau Palembang, pasti membutuhkan biaya yang besar. Mulai dari biaya transport pulang-pergi hingga tiket pertandingan yang tentunya tidak murah.

Jangankan yang jauh, yang berada di sekitar ibu kota saja bahkan banyak yang tak kebagian tiket masuk ke arena pertandingan. Tapi meski terhalang jarak dan tak dapat tiket masuk, bukan berarti tidak bisa mendukung Indonesia. Ada cara lain yang bisa dilakukan. Contohnya seperti yang dilakukan oleh pria bernama Muhammad Tomi Ibnu Mas'ud ini.

pungut puntung rokok asian games © Instagram/@tomi_nih
foto: Instagram/@tomi_nih

Lewat akun Instagram ia bercerita bahwa tidak dapat mendukung secara langsung para atlet yang sedang berjuang. Namun meski begitu, ia tetap melakukan hal positif untuk mendukung kesuksesan pesta olahraga terbesar Asia ini.

Lantas ia memungut sampah puntung rokok yang ada di sekitar Gelora Bung Karno secara sukarela. Setiap puntung yang ia temukan lalu dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam plastik. Aksi ini ia lakukan seorang diri dari hari pertama Asian Games hingga hari terakhir.

pungut puntung rokok asian games © Instagram/@tomi_nih
foto: Instagram/@tomi_nih

"Hanya ini yang dapat saya lakukan untuk INDONESIA di @asiangames2018, dimana saya tidak bisa mendukung secara langsung para Atlet yang berjuang untuk bangsa ini di acara pergelaran olahraga terbesar di Asia @asiangames2018, yang saya lakukan hanya membersihkan puntung-puntung rokok di semua area GBK atau setiap venue pertandingan," tulis Tomi seperti brilio.net kutip pada Minggu (2/9).

"Ini adalah hari pertama saya mengumpulkan puntung-puntung rokok di setiap venue, sela-sela tumbuhan, dan lain-lain, aksi yang saya lakukan akan berlanjut hingga Asian games 2018 selesai dan seterusnya.., Semangat untuk Para Atlet yang berjuang untuk bangsa INDONESIA harumkan nama baik bangsa kita semua, SIAPA KITA...? INDONESIA," lanjutnya.

pungut puntung rokok asian games © Instagram/@tomi_nih
foto: Instagram/@tomi_nih

Semangat cowok ini tentunya mendapat reaksi positif dari warganet. Meski tak bisa dukung langsung para atlet di arena pertandingan, ia tetap melakukan aksi positif demi nama baik Indonesia di mata Asia dan dunia. Salut!

"Wih aksi positif banget ya. Daebak," tulis akun @zetizenbanten.

"Saya bangga sekali dengan anak muda seperti @tomi_nih," puji akun @ninotinot.

"tetap lakukan hal baik bro. bangga!" ungkap akun @mhmdfauzim.

"aksi tersebut sangat positif banget ka, fighting," tulis akun @dederahma54.