Brilio.net - Di seluruh dunia, hutan hujan tropis dan habitat alami tumbuhan dan hewan sekarat secara perlahan. Pembangunan infrastruktur juga makin gencar dilakukan. Belum lagi maraknya penebangan hutan secara liar yang merugikan seluruh makhluk hidup dan dapat merusak bumi.

Untungnya, masih ada orang-orang yang peduli dengan lingkungan dan melakukan perubahan yang menginspirasi orang lain.

Ialah duo sahabat, Jia Haixia dan Jia Wenqi yang sama-sama menyandang disabilitas namun dianggap sebagai pahlawan lingkungan karena berhasil menyulap lahan yang tandus menjadi lahan yang subur dan ditumbuhi pepohonan.

Kedua sahabat yang tinggal di desa Yeli, Tiongkok ini telah menanam lebih dari 10 ribu pohon di sekitar desa mereka sejak 14 tahun yang lalu.

Menurut laman viral4real, dua sahabat ini, desa yang mereka tinggali hanya dikelilingi pasir dan batu, tak ada pohon yang tersisa. Kondisi itulah yang membuat keduanya memutuskan untuk menanam pohon bersama-sama dengan tujuan melindungi desa mereka.

Loading...

Dalam melakukan aksi tersebut, mereka saling bahu-membahu dalam satu tim kerja yang tak terpisahkan satu sama lain. Haixia menjabat sebagai lengan Wenqi, sementara Wenqi menjabat sebagai mata Haixia.

Cerita yang mengiringi keduanya juga tak kalah menyentuh. Dilansir brilio.net dari shanghaiist, Rabu (25/5), saat kecil, Jia Haixia (53) lahir dengan kondisi mata kiri yang buta karena katarak.

Pada tahun 2000, ia pun kembali kehilangan penglihatan di mata kanannya karena kecelakaan. Sementara sahabatnya, Jia Wenqi (53), kehilangan kedua lengannya saat masih berusia 3 tahun dalam sebuah kecelakaan.

Kisah persahabatan mereka yang luar biasa ini telah menjadi viral di media online. Tak hanya itu, perjuangan hidup dua sahabat ini juga pernah direkam dalam sebuah video dokumenter.

Inilah beberapa foto yang menceritakan bagaimana Haixia dan Wenqi saling membantu satu sama lain untuk menanam 10.000 pohon di lahan yang tandus:

1. Jia Haixia dan Jia Wenqi duo sahabat yang sama-sama menyandang disabilitas namun dianggap sebagai pahlawan lingkungan dengan menanam 10.000 pohon.

si buta dan tak punya tangan © 2016 brilio.net

2. Dalam melakukan aksi tersebut, mereka saling bahu-membahu dalam satu tim kerja yang tak terpisahkan satu sama lain. Haixia menjabat sebagai lengan Wenqi.

si buta dan tak punya tangan © 2016 brilio.net

3. Sementara Wenqi menjabat sebagai mata Haixia.

si buta dan tak punya tangan © 2016 brilio.net

4. Tak hanya itu, Wenqi juga menggendong Haixia untuk menyeberangi sungai selama 13 tahun.

si buta dan tak punya tangan © 2016 brilio.net

Halaman selanjutnya ada video tentang mereka.. KLIK NEXT kalau kamu mau menontonnya.