Brilio.net - Sudah menjadi rahasia umum jika para blogger maupun internet marketer atau mereka yang berkecimpung di dunia internet, selalu bersinggungan dengan Search Engine Optimization (SEO). Teknik optimasi ini bakal membuat website mereka berada di peringkat teratas pada hasil pencarian Google.

Tentu saja bila posisi sebuah website berada di peringkat atas pencarian, bakal mendapatkan banyak visitor potensial. Nah teknik SEO dilakukan untuk meningkatkan keuntungan bisnis.

Karena itu saat ini tak sedikit orang yang terjun menjadi pakar SEO dan layanan jasa backlink karena keahlian mereka sangat dibutuhkan. Tapi untuk menjadi seorang pakar, tentu tak mudah mengingat menguasai teknik SEO tak segampang yang dibayangkan.

Brian Dean © 2020 brilio.net simplilearn.com

Brian Dean, pendiri Backlinko sekaligus pakar SEO yang diakui secara internasional, lewat situsnya membagikan seputar dunia SEO dan backlink. Dalam situs Backlinko itu, Dean mengajarkan strategi praktis yang dapat digunakan pengusaha mengembangkan bisnis online mereka. Kini Backlinko menjadi salah satu situs pemasaran online paling populer.

Sebelum terjun di dunia SEO, Dean sempat gagal menjadi wirausahawan dengan menjalankan lima bisnis online. Hal inilah yang memicu dirinya menyelami industri digital marketing. Dean berhenti dari pekerjaanya pada 2010 untuk mulai bekerja di bidang SEO. Tentu saja untuk menjadi seorang pakar tidak instan.

Menurutnya, kegagalan adalah bagian alami dari kurva pembelajaran bagi semua wirausahawan. Dean menyadari bahwa kesalahan terbesar yang ia buat bukanlah karena tak dapat mengembangkan sistem yang baik di awal, tetapi sebaliknya.

Brian Dean © 2020 brilio.net learninbound.com

Sejak bekerja dengan penghasilan terbatas sebagai freelance, Dean berjuang menginvestasikan uangnya ke dalam usaha SEO. Butuh waktu satu setengah tahun untuk benar-benar membuat kemajuan, hingga akhirnya  mencapai titik di mana ia merasa sukses.

Dua tahun kemudian, ia meluncurkan Backlinko sebuah situs pemasaran online dan berhasil menjadi salah satu bagian dari Top 50 Small Business Blogs Online versi Technorati. Setelah melewati pasang surut, Dean akhirnya mendapatkan hasil yang sepadan dengan usahanya.

Situs Backlinko berkembang pesat selama lima tahun terakhir dan saat ini telah menerima hampir 100 ribu pengunjung dalam sebulan. Jumlah yang sangat tinggi mengingat dunia SEO sangat kompetitif. 

Brian Dean © 2020 brilio.net Backlinko

Salah satu tujuan Dean membuat situs ini untuk memberikan informasi yang dibutuhkan para digital marketer atau pebisnis online. Menurutnya, para pebisnis online harus menguasai teknik optimasi SEO. “Saya sangat percaya bahwa digital marketer saat ini harus menguasai seni link building, user experience dan content promotion,” ujarnya.

Bagi para pebisnis online yang ingin memperluas pengetahuan tentang SEO dan digital marketing, di Backlinko telah menyediakan semuanya. Mulai dari SEO pemula, tips, hingga menjadi seorang pakar.