Brilio.net - Pokemon Go sedang jadi game sensasional belakangan ini. Minggu ini saja aplikasi Pokemon Go berhasil memecahkan rekor chart download aplikasi dengan terinstal oleh 10 juta pengguna smartphone Android dalam minggu pertama. Jumlah ini melebihi pengguna aktif Twitter dan waktu rata-rata pengguna Facebook, Instagram, Snapchat, dan WhatsApp. Wow!

Lantas di balik permainan yang sedang asyik kamu coba ini, penasaran nggak dengan sosok penemu game Pokemon Go? Kira-kira butuh waktu berapa lama ya, untuk bisa membuat game yang sukses dalam waktu semalam ini?

Ialah John Hanke, sosok berharga di balik game Pokemon Go. Ia adalah CEO dan pendiri Niantic Labs sejak 2015. Pria ini juga berjasa mengembangkan aplikasi yang kini dikenal sebagai Google Earth dan Maps saat masih menjadi salah satu karyawan Google.

Bagaimana John Hanke sampai bisa membuat game Pokemon Go? Berikut 10 level yang harus dicapainya, seperti dikutip brilio.net dari akun Facebook Roger James Hamilton, Kamis (14/7).

1. Level 1
Pada tahun 1996, saat masih mahasiswa, John Hanke menciptakan MMO (Massively Multiplayer Online Game) pertama yang disebut 'Meridian 59'. Dia menjual permainan untuk 3DO untuk beralih ke semangat yang lebih besar yakni pemetaan dunia.

2. Level 2
Pada tahun 2000, Hanke meluncurkan 'Keyhole' sebagai langkah untuk menghubungkan peta dengan foto udara, dan menciptakan online, 3D peta udara pertama di seluruh dunia yang terhubung dengan GPS.

3. Level 3
Google membeli Keyhole dan dengan bantuan Hanke, ternyata Keyhole menjadi apa yang sekarang dikenal sebagai aplikasi 'Google Earth'. Saat itulah Hanke memutuskan untuk fokus pada menciptakan game berbasis GPS.

4. Level 4
Hanke bergabung dengan tim Google Geo mulai dari tahun 2004-2010. Ia menciptakan Google Maps dan Google Street View. Selama ini, ia mengumpulkan tim yang nantinya akan menciptakan Pokemon Go.

5. Level 5
Pada tahun 2010, Hanke mendirikan Niantic Labs sebagai start-up yang didanai oleh Google untuk membuat permainan yang berkaitan dengan unsur pemetaan.


Penasaran dengan pencapaian Hanke selanjutnya? Cek di halaman berikutnya.. KLIK NEXT

2 dari 2 halaman




6. Level 6
Pada tahun 2012, Hanke kemudian membuat game Ingress yang berbasis augmented reality. Melalui game ini, Niantic meminta para penggemar untuk mengajukan berbagai tempat dan bangunan di seluruh dunia yang bisa dijadikan "portal" atau daerah kekuasaan dalam dunia Ingress.

Dikutip dari Mashable, ternyata portal-portal paling populer yang dikirimkan oleh para pemain Ingress adalah basis data dari lokasi-lokasi Pokestop dan Gym dalam game Pokemon Go.

7. Level 7
Pada tahun 2014, Google dan Perusahaan Pokemon bekerja sama untuk membuat candaan layaknya jebakan April Mop yang memungkinkan pemirsa untuk menemukan makhluk Pokemon pada peta Google. Tak disangka ide itu viral dan membuat Hanke berpikir ide lain yang bisa merubahnya menjadi permainan nyata.

8. Level 8
Hanke memutuskan untuk membangun Pokemon Go berdasarkan pada usulan portal pada Ingress dan portal yang paling populer di seluruh dunia sebagai tempat Pokestop dan Gym.

Hanke mengatakan bahwa Pokestop diserahkan oleh pengguna, jadi jelas tempat itu adalah lokasi yang sering didatangi masyarakat. Biasanya tempat-tempat tersebut berupa museum, situs sejarah, atau tempat dengan desain arsitektur unik," ujar Hanke.

"Kami memiliki dasarnya bahwa 2,5 tahun orang akan pergi ke suatu tempat dimana mereka pasti ingin tetap bermain Ingress, sehingga ada beberapa tempat yang cukup terpencil. Ada portal di Antartika dan Kutub Utara dan sebagian besar poin ada di sana," tambahnya.

9. Level 9
John mengumpulkan USD 25 juta dari Google, Nintendo, Perusahaan Pokemon dan investor lainnya dari Desember 2015 sampai Februari 2016 untuk mengembangkan lebih dari 40 tim untuk memulai Pokemon Go tahun ini.

10. Level 10
John dan timnya meluncurkan Pokémon Go pada 6 Juli di Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru. Sejak diluncurkan, harga saham Nintendo telah meningkat USD 12 miliar, dan aplikasi ini telah menghasilkan lebih dari USD 2.000.000 setiap hari di pembelian dalam aplikasi. Dalam waktu semalam!

Keberhasilan semalam yang diraih John Hanke lewat game Pokemon Go rupanya butuh waktu 20 tahun. Sepanjang 20 tahun itu, ia memiliki visi yang kuat dan selalu fokus untuk bisa melangkah ke level selanjutnya. Pada setiap level baru, ia selalu memiliki kekuatan baru, anggota tim dan fitur baru untuk terus mengembangkan apa yang jadi impiannya.