Brilio.net - Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan manusia lainnya untuk menjalankan kehidupan di dunia. Saat ini ada banyak kegiatan sosial yang terbentuk dengan tujuan untuk membantu sesama manusia lainnya, salah satunya adalah gerakan Nasi Gratis Jogja.

Nasi Gratis Jogja merupakan sebuah gerakan yang hadir untuk membantu sesama dengan cara membagikan makanan gratis bagi siapa saja yang membutuhkan. Gerakan ini diinisiasi oleh Ilham Prihatin dan Fajar Dwi Kurniawan selaku founder Nasi Gratis Jogja.

Dengan berbekal kesamaan tujuan untuk aksi sosial kemanusiaan, Ilham dan Fajar akhirnya memutuskan untuk membuat satu kegiatan sosial yang dapat mereka berikan untuk Yogyakarta. Kegiatan tersebut kemudian lahir dan terbentuk pada 1 Desember 2019 dan dinamakan dengan Nasi Gratis Jogja.

"Nasi gratis jogja itu akadnya adalah sedekah umum, jadi sedekah umum yang dikhususkan pada siapa pun yang butuh makan saat itu juga. Ketika di gerobak ada nasi gratis dan terasa ingin maem (makan), silakan ambil saja. Selama di gerobak ada menu nasi gratis" ucap Ilham Prihatin kepada brilio.net saat diwawancarai pada Kamis (23/3).

Sosok Ilham Prihatin dan Fajar Kurniawan pencetus gerakan Nasi Gratis Jogja © Instagram

foto: Instagram/@nasigratis.jogja

Nasi Gratis Jogja menyediakan gerobak etalase khusus yang kemudian diisi dengan nasi bungkus. Siapa saja yang membutuhkan makanan bisa mengambilnya secara cuma-cuma alias gratis.