Brilio.net - Perkembangan zaman sekarang ini, kesetaraan gender wanita dan pria semakin diakui. Tak hanya kedudukan, namun pekerjaan laki-laki pun banyak juga yang bisa dilakukan oleh seorang wanita.

Salah satu pekerjaan laki-laki yang jarang dilakukan oleh wanita adalah profesi wasit. Meski begitu, ada beberapa wanita yang tertarik untuk menjadi wasit.

Salah satunya adalah Deliana Iman Dwi Gita. Dara berusia 20 tahun ini memang merasa tertantang menjadi pengadil lapangan.

Adel sapaan akrabnya menceritakan ketertarikannya menjadi seorang wasit. Perempuan asal Cianjur ini rupanya memiliki mimpi untuk bisa memimpin sebuah pertandingan futsal di Bandung.

"Awalnya futsal Alhamdulillah sudah sampai tingkat nasional. Kalau untuk profesional belum masih Liga Nusantara saja dan level provinsi Jawa Barat," kata Adel disela acara Premier Skill di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, belum lama ini.

Memiliki pekerjaan sebagai wasit bukan hal yang mudah. Banyak tekanan dari para supporter, bahkan tindak kekerasan pun kerap terjadi karena pihak supporter tidak terima dengan keputusan permainan yang dipimpinnya. Namun Adel mengaku tidak merasa khawatir dengan hal itu.

Terkait hal itu, Adel justru mengaku lebih khawatir dengan tindakan pelecehan seksual. Sebagai seorang perempuan dia yakin tidak akan ada tindakan kekerasan yang bakal dialaminya.

"Kalau saya percaya sebagai wanita tidak mungkin ada kekerasan, kalau pelecehan lebih seram. Tapi sejauh ini belum sampai terjadi dan tentunya jangan sampai. Kalau sampai terjadi seperti itu pasti bakal banyak yang berikan dukungan," ujarnya.

Bahkan, ia pun memiliki target ke depannya untuk mendapat lisensi FIFA.

"Target saya ingin mendapat lisensi FIFA, saya sih yakinnya nanti 2020 sudah bisa dapat. Tapi, sekarang masih banyak harus belajar karena sangat sulit dunia perwasitan yang banyak tidak dianggap orang. Tapi saya rasa wasit itu lebih baik," tutupnya.