Brilio.net - Beberapa waktu belakangan media Indonesia dan asing memberitakan foto-foto seorang remaja cewek yang bernyali besar. Dikatakan demikian karena nyalinya menjadi joki tong setan, atraksi bermotor ekstrem di dalam tong besar yang biasanya ada di pasar-pasar malam di Indonesia.

Adalah Karmila Purba (18) asal Pematang Siantar, Sumatra Utara, yang berani menjalani profesi tersebut. Cewek yang sering dipanggil Mila tersebut telah menghiasi halaman media asing, seperti Guardian dan Metro pada pertengahan Agustus 2016 lalu.

Mau tahu fakta-fakta tentang Mila? Berikut beberapa informasi yang udah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Minggu (2/10):

1. Awal mula sosok Mila dikenal dunia.

joki tong setan EPA/Dedi Sinuhaji

foto: EPA/Dedi Sinuhaji

Sosok Milai mulai dikenal berkat Dedi Sinuhaji yang bekerja pada European Pressphoto Agency (EPA). Dedi mengaku pernah mendengar nama Mila saat Mila tampil di Siantar, Sumatera Utara, namun belum sempat berinteraksi. Kemudian barulah ketika Mila tampil di Deliserdang, Dedi bisa bercakap-cakap dengan Mila. Bahkan Dedi memotret Mila selama berkegiatan tong setan. Hal inilah yang membuat foto-foto Mila menjadi viral di media Eropa.

2. Penghasilan Mila.

joki tong setan EPA/Dedi Sinuhaji

foto: EPA/Dedi Sinuhaji

Mila yang main tong setan setiap malam mendapatkan gaji per minggu sebesar Rp 600.000. Sementara tip-nya yang didapat dari para penonton minimal Rp 50.000. Beda lagi dengan malam minggu, Mila bisa mendapatkan tip sampai Rp 300.000 karena ramainya penonton.

Dari total penghasilannya yang bisa berkisaran antara Rp 3 juta – Rp 4 juta per bulan, Mila mengirimkan separuhnya kepada orangtua.

3. Mila putus sekolah.

joki tong setan EPA/Dedi Sinuhaji

foto: EPA/Dedi Sinuhaji

Mila putus sekolah sejak kelas 1 SMA karena keterbatasan perekonomian keluarga. Niatnya ingin sekolah musik aja, tapi orangtua tak mengizinkan akibat kekurangan dalam hal ekonomi.

Maka dari itu, dia memutuskan membantu orangtua dengan menjalani profesi joki tong setan. Walaupun kedua orangtuanya sempat melarang ketika mengetahui Mila menjadi joki tong setan, akhirnya orangtua tetap mengizinkan. Mila sendiri memang sempat diam-diam menjalani profesi tersebut.

4. Ingin jadi musisi terkenal.

joki tong setan EPA/Dedi Sinuhaji

foto: EPA/Dedi Sinuhaji

Mila bercita-cita ingin menjadi musisi terkenal. Namun (lagi-lagi) karena kondisi keluarga yang tak terlalu mapan, Mila terpaksa menunda mimpi tersebut.

Wah... semangat tanpa batas Mila untuk membantu orangtua patut diacungi jempol, walau sayang dia terpaksa putus sekolah. Sosok Mila memberikan pelajaran bahwa setiap orang wajib gigih berusaha, tentu dalam hal positif, apalagi kalau bisa #BikinKerenIndonesia. Seperti Mila yang memilih untuk menjalani profesi sebagai pelaku seni pertunjukan ekstrem dan berisiko besar.

Kamu yang pengen tahu lebih banyak sosok-sosok inspiratif lain atau kekayaan Indonesia yang udah #BikinKerenIndonesia? Yuk kunjungi telkomsel.com/bikinkerenindonesia. Tetap semangat membuat bangga Indonesia ya, Sobat Brilio!