Brilio.net - Sejak pertengahan bulan Juli tahun 2018, para jemaah haji dari Indonesia sudah mulai berangkat menuju Tanah Suci. Sebanyak 153.675 jemaah haji Indonesia dilaporkan sudah tiba di Arab Saudi pada Rabu (8/8) kemarin.

Rupanya pemberitaan tentang jemaah haji Indonesia yang sudah tiba di Arab Saudi ini mengingatkan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada momen ketika dirinya pergi haji bersama istrinya di tahun 2003 lalu. Momen nostalgia itu terlihat pada unggahan Jokowi baru-baru ini di akun media sosial resminya.

Unggahan berupa foto tersebut memperlihatkan momen Jokowi dan sang istri, Iriana ketika melaksanakan ibadah haji. Keduanya terlihat mengenakan pakaian ihram lengkap berwarna putih. Tidak hanya itu, pria yang maju sebagai Capres dalam Pemilu 2019 ini juga menyebutkan bahwa pelayanan yang diterima para jemaah haji tahun ini jauh lebih baik dibanding yang dirasakannya saat berhaji pada 15 tahun yang lalu.

naik haji di tahun 2003 © 2018 Twitter-foto: Twitter/@jokowi

"Sampai kemarin, 153.675 jemaah haji Indonesia tiba di Arab Saudi. Pelayanan yang mereka terima jauh lebih baik dari yang saya lihat saat berhaji tahun 2003. Sekarang, rekam sidik jari dilaksanakan di Tanah Air, bumbu masak dan juru masaknya asli Indonesia, dll. Semoga mabrur," tulis Jokowi pada akun Twitter-nya yang dikutip brilio.net, Kamis (9/8).

Loading...

Momen nostalgia Jokowi itu pun ternyata menuai beragam reaksi dari warganet. Tidak sedikit yang setuju dengan pernyataan Jokowi. Banyak juga yang berharap semoga pelayanan bagi jemaah haji semakin ditingkatkan tiap tahunnya.

"Betul pak, waktu hajian tahun 2005 pun maktabnya memprihatinkan, seperti di asrama mahasiswa yg tdk terurus, tahun 2015 sdh lebih baik, mudah2an kedepan makin diperbaiki lagi layanan hajinya...," pungkas akun @Sujud_syukur_.

"Alhamdulillah Pak Presiden, Kemenag dibawah pimpinan Bpk Lukman Hakim Saifuddin makin hebat dan sukses. Selamat untuk Pak Menteri Agama," ujar akun @MusaadFesal.

"Alhamdulillah... Semoga semua berjalan lancar, aman dan barokah dan menjadi Haji Mabrur... Semoga pelayanannya terus diperbaiki dan semakin baik...," tulis akun @Ammar230214.

"Mantap pakde....lanjutkan pelayanan terbaik tuk jamaah kita kedepannya dengan trobosan² baru. Hanya saran pak , klo bisa usahakan jamaah kita jangan terlalu lama antrinya dengan menambah kuota jamaah haji indonesia .. Lanjut 2 priode...," ungkap akun @ApriliaLin.

RECOMMENDED BY EDITOR