Brilio.net - Politisi sekaligus pebisnis, Prabowo Subianto dikenal memiliki sikap tegas, displin dan mandiri. Di balik karakter tegasnya, Prabowo juga dikenal sebagai pecinta binatang.

Kecintaannya terhadap binatang ditunjukkan capres nomor urut 2 ini dengan memelihara seekor kucing bernama Bobby di rumahnya. Tak hanya kucing, Prabowo Subianto juga memiliki peliharaan kuda, kambing dan sapi.

Kuda, kambing dan sapi tersebut berada dalam peternakan milik Prabowo yang berada di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Peternakan milik Prabowo tersebut memiliki luas 4,8 hektare dan dilengkapi dengan landasan helikopter.

Dalam laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang dirilis Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Agustus 2018 lalu, kekayaan Prabowo yang berasal dari peternakannya mencapai angka Rp 12.196.000.000. Angka tersebut meningkat Rp 7,1 miliar dibanding dengan 2009.

Dilansir dari laman elhkpn.kpk.go.id, Rabu (19/12), tahun 2009 lalu, harta bergerak Prabowo yang berasal dari peternakan ini senilai Rp 5 miliar yang berasal dari peternakan kuda. Sedangkan pada 2014 dan 2018, harta bergerak Prabowo dari peternakannya mencapai angka Rp 12,1 miliar.

hewan ternak Prabowo © 2018 brilio.net

foto: elhkpn.kpk.go.id

Dilansir brilio.net dari laman elhkpn.kpk.go.id, Rabu (19/12), berikut jenis dan nilai hewan ternak milik Prabowo. Kuda dan kambingnya sampai ratusan ekor.

1. Kuda.

hewan ternak Prabowo © 2018 brilio.net

foto: liputan6.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau Prabowo memiliki hobi berkuda. Prabowo diketahui memiliki 102 ekor kuda yang memiliki nilai sebesar Rp 5 miliar. Prabowo juga memiliki kuda yang harganya mencapai Rp 3 miliar. Kuda tersebut merupakan jenis Lusitano yang didatangkan langsung dari Portugal.

 

2. Kambing.

hewan ternak Prabowo © 2018 brilio.net

foto: YouTube/GerindraTV

Tak hanya kuda, dalam peternakannya tersebut, Prabowo juga memiliki 512 ekor ternak kambing yang senilai Rp 896 juta. Ternak kambing tersebut sudah dijalankan Prabowo sejak 2007 lalu, namun baru masuk daftar Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 2014 lalu.

 

3. Sapi.

hewan ternak Prabowo © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@prabowo

Selain ratusan kuda dan kambing, Prabowo juga memiliki ternak sapi di peternakannya tersebut. Dalam laporan LHKPN yang dirilis KPK, Prabowo memiliki 80 ekor sapi yang sudah dijalankan sejak 2014 lalu senilai Rp 6,3 miliar. Tak hanya sapi pedaging, dalam peternakan tersebut juga terdapat sapi perah Selandia Baru.