Brilio.net - Nama Sandiaga Uno sudah lama dikenal sebagai pengusaha muda yang sukses. Kini nama Sandiaga makin melambung saat dirinya maju menjadi calon wakil gubernur DKI Jakarta. Sandi berpasangan dengan Anies Baswedan.

Nah dalam setiap kesempatan, Sandi-begitu dia biasa disapa-selalu mengajak masyarakat khususnya anak muda untuk menggeluti dunia entrepreneur. Rupanya Sandi punya cerita sendiri soal ini. Kenapa ya?

Dalam sebuah kesempatan wawancara khusus dengan tim brilio.net, beberapa waktu lalu, Sandi mengungkapkan dirinya yang pernah merasakan pengalaman pahit di dunia kerja. Dia pernah menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) pada 1997. Sejak itu ia pun menyandang status pengangguran lho.

Sandiaga Uno  © 2017 brilio.net

foto: brilio.net/syifa fauziah

“Saya pernah dipecat. Saya melihat pemecatan ini sebagai karunia bahwa saya dibawa ke kuadran lain. Tuhan memastikan rezeki tidak akan pernah berkurang,” kata Sandi.

Padahal lulusan cumlaude dari Universitas Washington George ini punya pengalaman fantastis di dunia kerja. Dia pernah menjadi manajer investasi pada perusahaan Singapura, Seapower Asia Investment Limited.

Lalu dia hijrah dan menduduki posisi Executive Vice President di perusahaan Kanada, NTI Resources Ltd. Bayangin saja, di usia yang masih muda sudah menduduki posisi penting.

Sandiaga Uno  © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@sandiuno

Tapi, badai krisis moneter yang terjadi pada 1997-1998 mengubah segalanya. Sandi di-PHK. Jadilah ia pengangguran. Tapi, Sandi nggak menyerah. Dia memutuskan kembali ke Indonesia dan mencari peruntungan karier di tanah air.

Meski punya pengalaman menakjubkan, tapi keberuntungan belum berpihak. Bahkan dia ditolak oleh 25 perusahaan saat mengajukan lamaran kerja. Hal inilah yang kemudian membuat Sandi berpikir untuk membuka usaha sendiri yang tidak membutuhkan modal besar.

Ia mulai usaha di bidang jasa konsultan keuangan dengan mendirikan PT Recapital Advisors pada tahun 1997. Awalnya ia hanya memiliki tiga orang karyawan dengan kantor berukuran 2x3 meter persegi. Tapi, usahanya nggak berjalan mulus lho.

Sandiaga Uno  © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@sandiuno

Banyak klien yang meragukan kemampuannya. Bayangkan saja, setelah enam bulan mendirikan perusahaan, ia baru mendapatkan klien pertama. Setahun kemudian, Sandi mendirikan perusahaan investasi, PT Saratoga Investama Sedaya. Inilah awal mula kesuksesan Sandi.

“Nah pada 1998, Tuhan membawa saya ke topografi atau landscape yang berbeda,” papar Sandi.

Seiring perjalanan waktu dan kerja kerasnya, bisnis Sandi terus berkembang hingga sukses. Saat ini, dia memiliki 50 ribu karyawan.

Sandiaga Uno  © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@sandiuno

Baginya, perjalanan karier itulah yang membedakan dirinya sebagai seorang entrepreneur dengan orang yang hanya bisa mengutuk ketidakberdayaan yang ada. Dia menganjurkan agar anak muda selalu melihat peluang dan potensi yang ada dalam kondisi apapun.

Sebuah perjalanan karier yang wajib dijadikan inspirasi nih. Nah untuk lebih memahami bagaimana perjalanan Sandiaga dalam membangun bisnisnya, kamu bisa lihat videonya di bawah ini.