Brilio.net - Pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot) hampir dipastikan kalah oleh pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno dalam Pilkada Jakarta 2017.

Sebab dari sekian banyak hasil hitung cepat lembaga survei, tidak ada sama sekali yang menunjukkan tanda bahwa pasangan petahana ini akan memenangkan pilkada putaran ke dua tersebut.

Dengan demikian sisa masa jabatan Ahok sebagai gubernur DKI tinggal enam bulan lagi.

Lalu pertanyaan yang kerap muncul ialah, mau ke mana Ahok setelah resmi melepaskan jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta?

Berikut ini brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (20/4), 5 rencana yang sudah Ahok siapkan usai tak lagi jadi gubernur:
 
 
1. Jual tanah buat beli mobil idaman.

Ahok usai pilkada twitter.com/basuki_btp

foto: twitter.com/basuki_btp


Ahok pernah mengungkapkan bahwa dirinya sudah memiliki beberapa rencana kegiatan, jika dirinya tak lagi terpilih menjadi gubernur. Salah satu yang pernah Ahok katakan yaitu bahwa dirinya akan menjual aset tanah yang dimilikinya dan kemudian membeli mobil idamannya, Range Rover.


2. Pekerjaan dengan gaji Rp 250 juta per bulan.

Ahok usai pilkada twitter.com/basuki_btp

foto: twitter.com/basuki_btp


Mantan bupati Belitung ini juga mengatakan bahwa dirinya telah mendapat tawaran sebuah pekerjaan dengan gaji Rp 250 juta per bulan dan belum termasuk bonus.

"Ada yang sudah nawarin kok gaji Rp 250 juta per bulan di luar bonus. Mana bisa dapat duit segitu kalau jadi gubernur," ujarnya sambil tertawa.


3. Mau lebih habiskan banyak waktu untuk keluarga.

Ahok usai pilkada twitter.com/basuki_btp

foto: twitter.com/basuki_btp


Selama menjabat sebagai gubernur, Ahok dikenal sebagai pejabat yang gila kerja. Karenanya saat tidak lagi terpilih menjabat gubernur Ahok mengatakan akan banyak meluangkan waktu untuk bersenang-senang bersama dengan keluarganya.

Ahok mengakui selama ini waktu kebersamaan dengan keluarga diakuinya sangat kurang.

"Saya mau jalan-jalan beli Range Rover, jual tanah. Ngapain lagi kerja sampai malam. Sama keluarga, bisa jalan-jalan naik Range Rover," ujar Ahok dalam sebuah diskusi buku berjudul "A Man Called Ahok" di Jakarta.


4. Membantu gubernur terpilih 2017-2022.

Ahok usai pilkada twitter.com/basuki_btp

foto: twitter.com/basuki_btp


Selain memiliki rencana untuk kesibukan pribadinya, Ahok mengatakan kepada rivalnya di pilkada putaran ke dua, Anies-Sandi bahwa dirinya siap membantu gubernur Jakarta terpilih dalam memerintah Jakarta. Niat tersebut Ahok ungkapkan melalui pesan singkat yang ia kirim kepada Anies Baswedan.

"Selamat sore, saya coba telepon tapi tidak aktif. Mau ucapkan selamat menjadi Gubernur DKI 2017-2022. Saya siap membantu. Semoga sukses dan salam buat keluarga dan salam buat Pak Sandi," ujar Anies membacakan isi WhatsApp dari Ahok.


5. Siap menuju Pilpres 2019.. Hmmm, bener nggak nih?

Ahok usai pilkada twitter.com/basuki_btp

foto: twitter.com/basuki_btp


Dari sekian kegiatan usai tak menjabat gubernur Jakarta lagi, maju dalam kontestasi pilpres 2019 adalah hal yang paling samar-samar. Namun prediksi ini bisa saja tidak meleset.

Pasalnya pada beberapa waktu lalu saat debat Pilkada DKI Jakarta putaran pertama, muncul pertanyaan apakah para calon gubernur DKI Jakarta 2017-2022 ini akan berkomitmen menyelesaikan jabatannya meski ada dan punya peluang untuk maju di Pemilu 2019?

Namun saat itu, Ahok tidak menjawab pertanyaan tersebut dan meminta pasangannya, Djarot Saiful Hidayat untuk menjawab.