Brilio.net - Sebagai seorang presiden, Joko Widodo (Jokowi) memiliki agenda yang cukup padat. Terlebih saat dirinya mencalonkan diri sebagai menjadi presiden 2019-2024, jadwal kampanye tentu menguras tenaga.

Usai Pilpres 2019, Jokowi masih harus disibukkan dengan beragam urusan, terbaru soal pemindahan ibu kota negara. Meskipun sangat sibuk, Jokowi memiliki cara sendiri untuk tetap bugar dan sehat.

Dalam sebuah acara berbuka puasa bersama para wartawan yang bertugas di lingkungan Istana Kepresidenan di Restoran D'Cost VIP di bilangan Abdul Muis, Jakarta, Jokowi mengungkap empat jurus rahasianya agar tidak gampang sakit dan terus aktif melakukan banyak kegiatan nyaris tanpa henti. Salah satu rahasianya ialah dengan minum jamu.

"Rahasianya ada empat, yang pertama minum temulawak setiap pagi. Kalau mau agak enak campur jahe sedikit. Itu yang pertama," kata Jokowi.

Mantan wali kota Solo ini sudah beberapa kali mengungkap rahasia jamu temulawak itu kepada wartawan. Namun menurut dia belum banyak yang mengikuti jejaknya. Rahasia keduanya yakni mengendapkan pikiran ketika banyak persoalan yang tidak juga terselesaikan.

"Bahasa Jawanya ngendepke pikir, saat banyak persoalan tidak selesai endapkan pikiran. Itu saja, mengendapkan pikiran," ujar Jokowi.

Hal itulah, kata dia yang membuatnya kemudian tidak banyak curhat kepada orang lain yang kerap malah menjadikan suatu masalah menjadi lebar dan justru tidak terselesaikan. Saat ditanya wartawan apakah ia banyak curhat kepada sang istri Iriana Joko Widodo, Jokowi hanya menggelengkan kepala.

"Mengendapkan pikiran saja," kata Jokowi.

Kemudian rahasia sehatnya yang ketiga yakni tidur yang cukup dalam setiap kesempatan yang memungkinkan.

"Tidur banyak. Bukan banyak tidur ya. Dalam perjalanan di mobil 15 menit, di pesawat setengah jam. Itu cukup," kata Jokowi.

Hal terakhir yang membuatnya senantiasa sehat selama hampir lima tahun menjabat sebagai Presiden RI yakni banyak bersyukur.

"Bersyukur, ini gampang diucapkan tapi sulit dilakukan," tambah Jokowi.

Jokowi mengaku sangat bersyukur bahwa ia diberi kesehatan. Dalam hampir lima tahun terakhir, ia tidak pernah mengalami sakit yang mengganggu.

"Kalau sudah mulai terasa tidak enak, saya langsung istirahat, langsung tidur," imbuh Jokowi.