Brilio.net - Pada Kamis (13/9) kemarin, General Assembly International Council of Women (GA ICW) ke-35 resmi diselenggarakan di Yogyakarta. Kongres wanita sedunia yang berlangsung hingga Selasa (18/9) ini mengundang Presiden Joko Widodo pada pembukaannya.

Pria yang akrab disapa Jokowi itu rupanya juga memberi pidato pada pembukaan acara yang dihadiri sekitar 200 delegasi dari 80 negara yang tergabung dalam ICW, 1.000 perempuan Indonesia dan para Duta Besar Negara sahat serta menteri-menteri wanita Kabinet Kerja. Akan tetapi, saat itu ada kejadian menarik saat Jokowi sedang berpidato.

Di sela-sela pidatonya saat itu, rupanya terdengar suara azan yang berkumandang. Dengan refleks, pria kelahiran Surakarta, 57 tahun lalu itu langsung diam dan menghentikan pidatonya hingga suara azan tidak terdengar lagi.

Kejadian menarik itu rupanya terekam dan dibagikan oleh seorang pengguna Twitter bernama Dede Budhyarto. Dalam video yang diunggah pemilik akun Twitter @kangdede78 itu, Jokowi tampak sabar menunggu hingga suara azan selesai.

Video yang sudah ditonton lebih dari 200.000 kali itu mengundang beragam komentar warganet. Banyak yang memuji aksi refleks Jokowi tersebut.

"SAYA SUKA BAPAK YG SATU INI, SOPANNYA ALAMI, GAK DIBUAT2," tulis akun @tqeguh.

"Cuma liat hal simple begini doank kog gw bisa merinding.. respect bosku," ujar akun @FRANSDANIEL.

"Subahanallah bapak prdsiden.. Kita belum tentu bisa seperti beliau," papar akun @ivanGLNO.

"Suatu adab yang 'makin sedikit' orang melakukannya. Mendengar azan, menghentikan sejenak aktifitas, membalas setiap kalimat yang dikumandangkan, membaca doa setelahnya. Baru melanjutkan aktifitas kembali. Sudahkah kita?," tambah akun @utitante.

RECOMMENDED BY EDITOR