Brilio.net - Kebersihan lingkungan merupakan satu hal yang sangat penting. Karena dengan memiliki lingkungan yang bersih, kita pun akan terbebas dari kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Namun sayangnya, meski Indonesia telah terbebas dari penjajah, masih belum terbebas dari sampah.

Bahkan menurut Bijaksana Raseno, pendiri Greenaration, saat ini Indonesia masih dalam keadaan darurat sampah. Setiap hari ada sekitar 175 ribu ton sampah dihasilkan di Indonesia. Mirisnya, masih banyak orang yang belum bisa mengelola sampah dengan baik. "Banyak sampah yang masih di buang ke sungai atau bahkan dibakar yang dapat mencemari lingkungan. Kita sudah mengajak banyak pihak untuk melakukan perubahan, karena soal sampah kita sudah masuk level darurat," ujarnya kepada brilio.net beberapa waktu lalu.

Guna memberikan solusi atas masalah ini, Bijaksana mendirikan organisasi Greenaration yang di antaranya mengajak banyak pihak untuk melakukan pembenahan untuk mengelola sampah dengan baik. Bersama timnya, ia melakukan penyuluhan ke sekolah-sekolah bahkan bekerja sama dengan dinas kebersihan. "Kita tidak bisa menyelesaikan masalah sampah di Indonesia, paling tidak kita memindahkan sampah dan melakukan pengelolaan dengan baik," tambahnya.

Selama delapan tahun terakhir, Bijaksana bersama Greenaration melakukan sosialisasi ke berbagai tempat. Di antaranya membuat membuat gerakan kebijakan Indonesia diet kantong plastik. Melalui mitra-mitra lain selama lima tahun mereka melakukan kampanye mengenai diet kantong plastik.

Selain melalui gerakan diet kantong plastik ini, Greenaration juga mengedepankan pentingnya melakukan 3R (reduce, reuse dan recycle). Gerakan yang berbasis masyarakat ini penting sebab mereka memang harus berada di garda terdepan dalam mengolah sampah.

Solusi yang ditawarkan Greenaration dalam waktu panjang akan turut #BikinKerenIndonesia. Banyak berita yang menginspirasi lainnya dari berbagai penjuru Indonesia seperti yang tersaji dalam telkomsel.com/bikinkerenindonesia. Di sini kamu juga bisa berkontribusi bagi Indonesia dengan mengupload foto tentang objek inspiratif di sekitar ke akun Instagram atau Twitter-mu. Kalau beruntung, kamu berkesempatan dapetin hadiah menarik, lho. Tunggu apa lagi?

 

RECOMMENDED BY EDITOR