Brilio.net - Putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming Raka mengunggah momen dirinya saat ikut ronda siskamling di kampungnya. Selain itu, kehadiran kakak Kaesang Pangarep ini juga menyalurkan bantuan untuk keperluan ronda di pos ronda RT 1-8, RW 7, Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah.

Tak seperti biasanya, suami Selvi Ananda itu datang ke pos ronda dengan mengenakan sarung, kaus bergambar Didi Kempot dan bersandal jepit. Gibran berangkat ke pos ronda RW 7 dengan berjalan kaki dari kediamannya di Jalan Pleret, Sumber, Solo sekitar pukul 22.15 WIB.

Kedatangan ayahanda Jan Ethes ini disambut oleh warga yang bertugas ronda. Ia pun mengutarakan maksud kedatangannya yakni untuk bersilaturahmi dengan warga sekitar.

gaya Gibran Rakabuming ronda © 2020 instagram.com

foto: Instagram/@gibran_rakabuming

"Dampak pembatasan sosial karena pandemi Corona memunculkan efek samping kerawanan sosial, termasuk meningkatnya tindak kriminalitas. Oleh karena itu, kini banyak dijumpai gang-gang ditutup, dan ronda kembali digalakkan," tulis Gibran dalam caption Instagramnya, seperti dikutip brilio.net, Sabtu (16/5).

"Kewaspadaan itu baik. Tapi, tetap ada yang harus terus dijaga, yakni jangan mudah curigaan kepada orang lain. Jangan sampai terulang lagu tindakan main hakim kepada orang yang dicurigai karena gerak-gerik mencurigakan," imbuhnya.

"Kamis (15/5) malam saya bersilaturahim ke pos ronda RW 7 yang membawahi delapan RT. Demi mendukung aktifitas peronda, saya bawakan oleh-oleh untuk kelancaran koordinasi, yakni handy talky untuk seluruh RT, serta paket kopi, gula, mi instan, masker dan lampu senter untuk menemani ronda malam," ujar Gibran.

gaya Gibran Rakabuming ronda © 2020 instagram.com

foto: Instagram/@gibran_rakabuming

Kakak dari Kahiyang Ayu juga menyampaikan harapannya agar bantuan yang ia salurkan dapat bermanfaat. "Semoga bermanfaat. Kita semua harus saling jaga, dan menjauhi saling curiga," pungkas Gibran.

Melansir dari liputan6.com, Gibran memberikan bantuan peralatan dan perlengkapan untuk ronda. Di antaranya HT radio, masker non medis 50 buah, permen tiga bungkus, kopi hitam, senter, wafer, gula dan mi instan satu dus.

gaya Gibran Rakabuming ronda © 2020 instagram.com

foto: Instagram/@gibran_rakabuming

Aksi Gibran Rakabuming inipun mendapat berbagai komentar dari warganet. Tak sedikit yang salut dan memuji aksi sosial yang dilakukan Gibran ini. Selain itu, penampilan ayah Jan Ethes yang sederhana juga mencuri perhatian warganet.

"Alhmdllh,smga berkah mas@gibran_rakabuming," komentar akun @miftakhum_muthoah0602.

"masker, kaos ambyar dan sarung adalah kombinasi ootd yg paling perfect ?? (maskernya keren mas)," tulis akun @kfauzier.

"Kesederhanaan mu cermin jati diri seorang pemimpin yang baik?? sehat selalu dan terus berjuang untuk kemanusiaan mas @gibran_rakabuming," puji akun @shannen.99.

"Sederhana bangeet...ngageem sarung kalih sandal jepit mas..tetep keren," tutur akun @ssaptuti.

"Sederhana, saya dari lombok salut dgn saudara gibran," ungkap akun @lalu_eva_.