Brilio.net - Memiliki sebuah keterbatasan bukan menjadi alasan bagi Fanza Fauzan untuk menunjukkan kemampuan lain dalam dirinya. Mahasiswa asal UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini, berhasil meraih segudang prestasi pada ajang perlombaan baik tingkat daerah maupun nasional.

Fanza Fauzan adalah mahasiswa semester 4 yang sedang menempuh pendidikan di Fakultas Ushuluddin prodi Ilmu Alquran dan Tafsir. Pria kelahiran Bekasi ini adalah mahasiswa disabilitas, tepatnya sebagai penyandang disabilitas tuna netra.

Meski memiliki kondisi tubuh yang berbeda dari sebagian orang lainnya, keterbatasan fisik bukanlah menjadi kendala bagi Fanza Fauzan dalam beraktivitas sehari-hari. Di luar dari keterbatasannya, ia tetap bisa meraih kesuksesan dan segudang prestasi, khususnya prestasi pada bidang tilawatil Alquran.

Tilawatil Alquran adalah salah satu cabang perlombaan membaca Alquran dengan menambahkan seni di dalamnya. Seni yang dimaksud di sini adalah membaca Alquran menggunakan berbagai jenis lagu dan teknik suara. Selain itu, dalam tilawatil Qur'an juga dinilai bagaimana adab membaca dan penerapan ilmu tajwidnya.

Fanza Fauzan, difabel tuna netra inspiratif: Dulu otodidak tilawatil Alquran, kini sering juara lomba Fanza Fauzan

Fanza Fauzan ketika mengikuti perlombaan tilawatil Qur'an/foto: Fanza Fauzan

 

Magang: Mas Noviani