Brilio.net - Alissa Wahid, putri pertama mantan presiden RI Abdurrahman Wahid memang dikenal sebagai aktivis sosial, budayawan dan tokoh keagamaan. Selain itu, Alissa juga menjadi koordinator Jaringan Gusdurian yang merupakan sebuah orgnaisasi yang didirikan untuk memelihara semangat dan pemikiran Gus dur.

Pemilik nama lengkap Alissa Qotrunnada Munawaroh ini juga merupakan sosok yang memiliki pemikiran Islam moderat yang mengedepankan demokrasi, toleransi dan multikulturalisme. Tak heran jika ia sering menjadi pembicara dalam acara-acara seminar.

Beberapa hari sebelum video pengusiran Biksu Mulyanto di Tangerang viral, ternyata Alissa sudah mengunggah foto yang menunjukkan keberagaman.

alissa wahid biksu buya syafii  © 2018 brilio.net

Pada 25 Januari 2018, Alissa mengunggah fotonya bersama Buya Syafii Maarif, beberapa biksu dan Pemuda Buddhayana PMVBI. Dalam foto tersebut tampak orang-orang yang berbeda agama ini terlihat akrab bersenda gurau dan hangat.

Dalam caption-nya, Alissa juga menyebutkan kalau foto ini diambil saat mereka tengah berkumpul pada akhir Desember 2017 lalu.

alissa wahid biksu buya syafii  © 2018 brilio.net

Unggahan Alissa ini pun lantas banjir komentar. Banyak warganet yang merasa senang dan adem saat melihat momen ini. Berikut beberapa komentar warganet yang brilio.net rangkum dari akun Instagram @alissa_wahid, Senin (12/2).

"Perbedaan itu indah jika slalu berdampingan untuk kekuatan NKRI.. dan jenengan slalu memberi contoh itu dan menjadi Regenerasi terbaik maha guru sluruh umat: gus dur.." kata akun @yusronalhaddad.

"Jika semua tokoh indonesia dn pengikutnya bisa dn mau sprti itu alangkah damai dn sejuknya negri ini," kata akun @arkanafawzi.

"Itulah contoh terindah dari tanah air Indonesia tercinta kita yg saling menghormati & saling mengasihi meskipun di dalam perbedaan namun kita senantiasa dalam persaaman dari rahim ibu pertiwi negri Indonesia tercinta kita nya. Selalu bangga & kagum dengan keluarga besar Alm.Kh.Abdurahman Wahid yg senantiasa tetap menjaga dalam kerukunan,kedamayan dan kesejukan di Negeri Indonesia Nusantara Tercinta kita nya," kata akun @litamontagne.

"Adem liatnya...inilah kita Indonesia," kata akun @sugengriadi1701.

"Semoga kita semua selalu bersaudara, keindahan kasih semesta," kata akun @wiryazheng.