Brilio.net - Banyak orang enggan makan di pinggir jalan, karena takut makanan itu telah diawetkan memakai boraks. Namun kini berkat penemuan Dayu Laras Wening dan Luthfia Adila, warga cukup mudah memastikan apakah makanan mengandung boraks atau tidak.

Cukup dengan sebuah alat yang mirip tusuk gigi, dalam lima detik orang bisa mengetahui kualitas makanan mereka. Alat yang diberi nama SIBODEC (Stick of Borax Detector) ini ditemukan keduanya saat mereka masih menjadi pelajar SMAN 3 Semarang.

Kepedulian mereka pada kualitas makanan bermula saat ramai isu daging boraks. Mereka kemudian tertarik untuk mendeteksi kandungan boraks dalam daging. Dengan dibantu guru pembimbing, dua remaja ini mulai melakukan penelitian sejak kelas X (2013). Berkat ketekunannya, mereka menemukan racikan bahan herbal yang bisa diaplikasikan ke tusuk gigi biasa.

tusuk gigi bodec Istimewa

Media tusuk gigi sengaja dipilih karena mudah, murah dan praktis. Semua orang bisa mencarinya, cukup dikasih bahan yang mereka hasilkan. "Biar mudah dibawa dan karena bentuknya seperti tusuk gigi jadi terlihat normal kalau semisal mau cek makanan di mana saja," kata Dayu dalam sebuah wawancara kepada brilio.net ketika itu.

Berkat inovasi ini, mereka mampu menyabet medali emas pada International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2014, sebuah ajang kompetisi inovasi anak muda tingkat dunia. Keren bukan?

Semangat tanpa batas dalam berinovasi membuat Dayu dan Luthfia ini juga dikenal di luar negeri. Bener-bener #BikinKerenIndonesia. Kamu juga bisa #BikinKerenIndonesia dan mendapatkan hadiah dengan melihat tautan berikut telkomsel.com/bikinkerenindonesia.