Brilio.net - Banyak anak muda yang sukses di bidang teknologi digital pada usia yang terbilang belia. Ada yang bergelut sebagai Youtuber, influencer, atau membuka bisnis berbasis digital. Tentu saja kesuksesan itu tidak diraih secara instan. Butuh proses panjang.  

Hal inilah yang dirasakan Yoseph Simarmata, 24, pebisnis muda yang bergerak di bidang digital yaitu YRS Media. Bisnisnya ini berkonsentrasi lewat platform Instagram dan Facebook. Hebatnya, pria asal Medan ini menjalankan bisnisnya seorang diri. 

Namun sebelum meraih sukses, Yoseph sempat frustrasi akibat putus kuliah. Pria kelahiran 1996 ini terpaksa meninggalkan pendidikan saat masih semester tiga di sebuah universitas di Medan karena masalah internal. Situasi ini membuat Yoseph syok.

Cuma lulus SMA, anak muda ini sukses membangun bisnis digital © 2020 brilio.net

Malah ia sempat frustrasi karena hampir setahun tak kunjung mendapat pekerjaan. Saat itu ia berpikir masa depan tak akan berpihak padanya. Beruntung ia masih punya semangat. Inilah yang membuatnya bertahan.  

“Setelah berhenti kuliah, saya menganggur lebih dari satu tahun dan merasa frustasi karena gagal dalam meraih masa depan. Tapi saya nggak tinggal diam. Saya tetap berusaha semaksimal mungkin karena saya ingin sukses,” kisah Yoseph.

Lalu peluang mulai terbuka pada 2018. Saat itu Yoseph mendapat informasi mengenai program magang IM Japan yang diinisiasi Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) dari salah seorang tetangganya. Tak ingin kehilangan kesempatan, ia pun langsung mengikuti seleksi program tersebut. Berkat semangat dan dukungan orangtua serta restu Tuhan, ia berhasil lolos hanya dengan satu kali seleksi saja.

Cuma lulus SMA, anak muda ini sukses membangun bisnis digital © 2020 brilio.net

“Saya dikasih tahu salah satu tetangga kalau ada program magang IM Japan. Langsung saya daftar. Puji Tuhan, dengan semangat dan dukungan orangtua saya lolos sekali seleksi. Lalu saya mengikuti pelatihan terpusat selama kurang lebih empat bulan dan langsung berangkat ke Jepang,” ujarnya.

Yoseph bertolak ke Jepang pada 2019 dan hingga saat ini ia masih mengikuti program magang tersebut. Melihat perkembangan di dunia digital semakin pesat, Yoseph memanfaatkan peluang dengan membuka bisnis di dunia digital. Alasannya, sekarang lebih banyak aktivitas dilakukan melalui digital termasuk pemasaran atau promosi.

Nah penghasilan selama 1,5 tahun dari mengikuti program IM Japan itu ia gunakan untuk membangun bisnis, YRS Media di Indonesia. Keputusannya itu juga didukung pengalamannya sebagai blogger yang ia lakoni sejak 2014.

Cuma lulus SMA, anak muda ini sukses membangun bisnis digital © 2020 brilio.net

Dari bermain blogger, ia mendapat penghasilan dari Google adSense. Tak hanya itu, ia juga berhasil meraih prestasi sebagai juara blogger tingkat kota dan provinsi yang diadakan Kemendikbud pada ajang Ki Hajar Dewantara.

Pasang surut dalam berbisnis tentu saja dirasakan Yoseph. Apalagi saat pandemi Covid-19 seperti sekarang. Ia sempat merasa putus asa melanjutkan bisnisnya. Namun lagi-lagi karena tekadnya yang kuat, ia mampu mempertahankan bisnisnya.

Dari bisnis YRS Media ini, Yoseph berhasil meraup penghasilan hingga puluhan juta perbulan. Kini, ia menjadi pebisnis muda meski hanya mengantongi ijazah SMA. Salut!