Brilio.net - Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, melangsungkan akad nikah dengan Erina Gudono di Pendopo Agung Ambarrukmo, Yogyakarta, pada Sabtu (10/12). Akad nikah yang digelar secara intimate tersebut hanya mengundang sekitar 250 tamu yang merupakan keluarga kedua mempelai dan sejumlah pejabat.

Akad nikah Kaesang dan Erina Gudono yang telah dilangsungkan menggunakan adat pernikahan Yogyakarta. Selain sejumlah prosesi yang menggunakan adat Yogyakarta, Erina dan Kaesang juga menggunakan kereta kencana yang ditarik dengan kuda. Kereta itulah yang membawa Erina menuju tempat akad, sekaligus menjadi transportasi kedua pengantin dari Pendopo Agung Ambarrukmo ke Royal Ambarukmo.

Kereta tersebut berwarna merah klasik. Sekilas mengingatkan indahnya kereta kencana yang digunakan pada zaman dahulu oleh para bangsawan. Istimewanya, kereta kencana tersebut ditarik oleh dua kuda putih. Tak hanya itu, kereta tersebut juga berhiaskan bunga-bunga yang dirangkai dengan cantik dan elegan.

Heriyanto kusir kerta kencana akad nikah Kaesang-Erina © 2022 brilio.net

foto: Brilio.net/Elok Nuriyatur

Heriyanto adalah sosok di balik kursi kusir kereta kencana itu. Dirinya mendapatkan pesanan dari wedding organizer (WO) pengelola pernikahan Kaesang dan Erina sejak sebulan sebelum acara. Rupanya pihak wedding organizer sudah sering bekerja sama dengan pihaknya.

“Kemarin dari WO sering pesan ke kita, jadi WO-nya pengen kita yang ngadain kudanya,” ujarnya kepada awak media, Sabtu (10/12).

Heriyanto mengaku hanya membutuhkan waktu dua minggu untuk mempersiapkan semuanya. Ia juga mempersiapkan diri mulai dari menjalani vaksinasi booster hingga swab test. Sementara itu, dua kuda putih penariknya milik sang teman. Heriyanto dan temannya bekerja sama dalam mengadakan kereta kencana tersebut.

Lebih lanjut, Heriyanto menyatakan bahwa tidak ada persiapan khusus untuk kuda yang digunakan.

“Kudanya hanya sering dipakai, jadi nggak masalah,” ungkapnya.