Brilio.net - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim kembali mendapat pengalaman menarik dalam salah satu kunjungan kerjanya. Saat berada di Jambi, ia berkesempatan untuk bermain dengan suku anak dalam atau orang rimba. Tak hanya mendengarkan cerita anak-anak, Nadiem juga memilih untuk menginap di ruang kelas mereka.

Melalui akun Instagramnya, Nadiem mengungkapkan bahwa pengalaman tersebut menjadi salah satu yang seru. Sebab, ketika akan beristirahat ia mendadak menyadari bahwa anak-anak justru menyambanginya. Antusias dan rasa penasaran mereka terhadap sosok Nadiem pun membuat pengusaha itu memilih untuk menyimpan rasa kantuknya.

"Seru sekali pengalaman saya di Jambi! Tadi malam saya menginap di ruang kelas adik-adik Suku Orang Rimba. Baru mau tidur, tiba-tiba ada suara telapak kaki naik ke kamar saya. Saya kaget dan terbangun. Ternyata adik-adik Suku Orang Rimba diam-diam mengunjungi saya. Mereka penasaran siapa pengunjung baru ini, dan saya diajak bermain," cerita Nadiem Makarim.

Cerita Nadiem Makarim tidur di Jambi © Instagram

foto: Instagram/@nadiemmakarim

 

Dalam video yang diunggah, terlihat beberapa anak berkumpul dengannya. Nadiem pun mengajak mereka menyapa para pengikutnya di Instagram. Tak ketinggalan, dalam momen itu Nadiem pun melanjutkan malamnya dengan bercengkrama dengan anak-anak tersebut. Bahkan mereka tak ragu membagikan kegiatan yang dilakukan sehari-hari di tengah hutan.

"Akhirnya kami keterusan ngobrol dan bermain sampai malam. Mereka cerita mengenai kehidupan di hutan, cara memburu, memancing, begitu luas pengetahuan mereka tentang alam sekitar," lanjut pria berkacamata itu.

Dalam kesempatan itu, Nadiem juga mengaku mendapatkan ilmu yang begitu penting. Menurutnya, masyarakat perlu belajar banyak dari suku anak dalam untuk menjaga keseimbangan alam. Hal ini juga dianggap penting untuk menjaga kelestarian alam yang ada di sekitar kita.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Nadiem Anwar Makarim (@nadiemmakarim)

 

"Saya jadi menyadari masyarakat juga perlu belajar dari mereka cara menjaga keseimbangan alam," tulisnya.

Sebelumnya, Menteri Nadiem Makarim diketahui juga memilih untuk menginap di tempat yang tak biasa saat melakukan kunjungan kerja. Selain berada di ruang kelas anak pedalaman, ia juga pernah menginap di rumah salah satu calon Guru Penggerak di Yogyakarta. Saat itu, sang pemilik rumah, Ibu Nuri, mendapat kesempatan untuk berdiskusi dengan Nadiem Makarim mengenai pengalamannya sebagai seorang guru.