Brilio.net - Sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan banyak menghabiskan jam kerjanya untuk berinteraksi dengan warga ibu kota. Gubernur yang pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan ini pun nggak segan melakukan blusukan ke berbagai wilayah, hingga ngobrol bareng warga di warkop.

Berinterkasi dengan warga sembari menikmati menu sederhana di warkop, Anies Baswedan kerap membagikan cerita-cerita yang ia dapat dari warga. Tak jarang, pertemuannya dengan warga justru membawa cerita kocak. Salah satunya saat ia tengah berada di sebuah warkop di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Senin (15/3).

Saat tengah duduk bersama sang putra, Anies Baswedan menceritakan jika ada seseorang yang menyapa. Mereka kemudian saling terlibat tanya-jawab. Meski terkenal sebagai gubernur, rupanya warga tersebut malah tidak mengenali sosok yang ia ajak bicara.

Cerita kocak Anies Baswedan di Warkop © Instagram

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: Instagram/@aniesbaswedan

"Sembari di warung kopi tadi siang, ada seorang pengunjung yg duduk di bangku belakang-samping menyapa dan lalu kita saling tanya jawab.

Beliau tanya, "Pak, Bapak wajahnya mirip Pak Anies ya?"

"Mirip ya Pak?," saya tanya balik.

"Iya, mirip sekali, dan ini anak-anaknya Bapak ya?" tanyanya.

"Iya Pak," jawab saya," tulis Anies Baswedan pada keterangan caption-nya seperti dikutip brilio.net, Rabu (17/3).

Tak berhenti sampai di situ, warga yang tidak disebutkan identitasnya tersebut kemudian bertanya pada anak Anies bernama Ismail tentang kelas dan hobi. Anies Baswedan pun membiarkan obrolan tersebut terus mengalir. Rupanya, warga tersebut merupakan karyawan bea cukai sekaligus pelatih karate.

"Lalu saya ajak ngobrol beliau soal lain, soal kegiatannya sambil saya tanya, "Bapak tugas dimana dan habis kegiatan apa?"

Beliau jawab, "saya tugas di bea cukai Pak; tapi ini abis ngelatih privat Karate," katanya.

"Rupanya beliau bukan hanya pelatih, tapi seorang Karateka yang sudah Sabuk Hitam Dan-4," tambah Anies Baswedan.

Meski sudah lama mengobrol, warga tersebut rupanya masih penasaran. Ia kemudian bertanya pada Anies Baswedan soal pekerjaan yang digeluti sekarang. Warga tersebut bahkan sempat mendoakan agar Anies Baswedan bisa segera mendapat eselon (jabatan struktural pada PNS).

"Tapi beliau masih penasaran rupanya. Ia tanya lagi, “Kalau bapak kerja dimana?” dan saya jawab, “Saya kerja di Pemprov DKI”

“Eselon berapa Pak?”

“Saya tidak pakai eselon Pak”

“Saya doakan dah Pak, biar cepet dapat eselon ya,” dan saya jawab, “Terima kasih Pak”," lanjut Anies.

Mendengar percakapan Anies dan warga tersebut, penjual warkop hanya tersenyum. Melihat senyum sang penjual, warga tersebut pun tak curiga. Ia justru menyampaikan kekagumannya pada Anies Baswedan yang terlihat mirip dengan Gubernur DKI Jakarta. Warga tersebut akhirnya baru menyadari jika sosok yang ia ajak bicara memang Anies Baswedan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan)

"Ada pengunjung lain, di seberang meja beliau yang rupanya ikut mendengarkan, lalu nimbrung dan nyeletuk, “Pak, itu memang Pak Anies!”

“Astaghfirullah aladzim !!!!,” Hampir terlompat, goyah dari kursinya," tutup Anies Baswedan.

Unggahan kocak Anies Baswedan tersebut pun disambut tawa ribuan warganet. Para pengguna media sosial mengaku terhibur dengan cerita yang dibagikan Anies Baswedan.

"Aslik, ngakak pak. Bapak emg bnr mirip bgt sama pak Anies. Sehat2 ya Bapak karateka," tulis akun @oktavialuber.

"Hahaha astaghfirullah, aduh maaf saya ngakak pak bacanya," ungkap akun @baayu.fr.

"Jadi gimana pak rasa nya dibilang mirip pak anies ?," kata akun @lhrd.bomis.

RECOMMENDED BY EDITOR