Brilio.net - Koko Mariko, pria yang tinggal di RT 36 RW 09 Kelurahan Patehan, Yogyakarta ini sangat rapi menyimpan folder foto di komputernya. Isi folder tersebut merupakan foto kenang-kenangan liburan antara tahun 2012 hingga 2017. Dalam setiap tahunnya, Koko tercatat selalu mengunjungi Eropa, dan yang paling sering ke Inggris.

Di ruangan sempit penuh kertas di samping rumahnya, desainer grafis ini berbagi rahasia petualangannya di daratan Eropa. Ia berkesempatan liburan ke Eropa dengan modal dengkul alias gratis tanpa mengeluarkan uang.

Koko Mariko © 2018 brilio.net

foto: Facebook/Koko.Mariko

"Pertama itu aku ikut kontes foto, temanya tentang sepak bola. Waktu itu hanya jadi finalis, dapat hadiah biasa tapi bukan trip," kata pemilik nama lengkap Antonious Sasongko kepada brilio.net di Angkringan BK, Jogja, Minggu (4/1).

Loading...

Ayah satu orang anak ini mengaku, pertama kali mengikuti kuis di tahun 2012. Tak diduga, Koko akhirnya menang undian kuis minuman berkarbonasi dari televisi.

"Waktu itu yang masuk finalis 10 orang, sedangkan yang diberangkatkan trip ke Inggris hanya tiga orang. Pada waktu itu diadakan challenge tendangan pinalti, dan aku bisa memasukkan tiga bola ke gawang Andritany. Dan itu pertama kali dapat hadiah ke Eropa dan Inggris," tambahnya sambil tersenyum.

Terpilih sebagai pemenang, bukan berarti urusan Koko selesai. Ia harus mengurus visa Schengen agar bisa masuk Eropa. Sempat bimbang, Koko akhirnya bisa berangkat ke Inggris kurang dari 24 jam setelah visa tertempel di paspornya.

Trip atau perjalanan pertama ia gambarkan penuh dengan kesan mendalam. Pasalnya ia harus meninggalkan buah hatinya yang baru lahir. Dua hari setelah istrinya melahirkan ia tinggalkan ke Eropa.

Setelah pulang dari liburan gratis ke Eropa, Koko semakin termotivasi untuk ikutan kuis. Tipe kuis yang ia ikuti pun berbeda-beda. Bahkan ia pernah mengikuti kuis yang mengharuskannya menjawab pertanyaan saat tengah malam dan berlangsung selama tiga bulan.

Memburu kuis bukan perkara mudah, bahkan sangat menyita waktu. Tak seorang diri, Koko pun mendapat dukungan sang istri. Pada 2013 Koko berhasil membawa sang istri jalan-jalan gratis ke Inggris dan Hong Kong.

"Aku pernah mengunjungi tujuh stadion di Inggris seperti Anfield, Emirates Stadium hingga Old Trafford, Stamford Bridge. Paling lama keliling Inggris selama 10 hari, sampai guide di sana kenal dan saya bawakan oleh-oleh batik dari Jogja saat kembali liburan ke Inggris," ujarnya.

Koko Mariko © 2018 brilio.net

foto: Facebook/Koko.Mariko

Tahun 2016 adalah tahun kemujurannya. Koko berkesempatan mengunjungi Eropa lima kali dalam setahun. Salah satunya nonton semifinal Euro di Prancis. Momen tak terlupakan baginya dan yang paling mengesankan saat Koko dapat liburan ke Swiss bareng istrinya pada tahun yang sama. Itu momen pertama kali alumni DKV ISI Jogja 2002 tersebut merasakan salju.

"Selama lima tahun sudah 15 kali ke liburan gratis ke luar negeri, dan kebanyakan ke Inggris," ujarnya sambil menghitung dengan jari.

Selain trip, Koko juga telah beberapa kali mendapatkan hadiah dalam bentuk barang. Nominal hadiahnya mulai dari yang ratusan ribu hingga lebih dari puluhan juta rupiah. Namun Koko mengaku lebih tertarik dan sangat suka dengan hadiah trip.

Koko berbagi tips agar bisa berhasil mengikuti kuis. Kuncinya satu, rajin mencari informasi. "Mending mencoba gagal, daripada tidak mencoba pasti lebih gagal lagi," sarannya.

Trik lainnya tetap pelajari situasi dan ketentuan kuis serta melihat saingannya. Kemudian tambahannya luangkan waktu, dan sisihkan sedikit uang untuk modal membeli produk yang menggelar kuis.

RECOMMENDED BY EDITOR