Brilio.net - Buya Syafii Maarif wafat pada Jumat (27/5) pukul 10.15 WIB di PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta. Kepergian mantan Ketua PP Muhammadiyan itu pun meninggalkan duka, tak terkecuali bagi Presiden Joko Widodo.

Jokowi mengucapkan duka cita lewat sebuah unggahannya. Ia memposting sebuah momen ketika terakhir kali menjenguknya. Momen itu sekaligus jadi momen terakhir perjumpaannya dengan Buya Syafii.

buya syafii maarif meninggal dunia © berbagai sumber

foto: Instagram/@jokowi

"Dua bulan lalu, saya datang menjenguk Buya Syafii di kediamannya di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, saat beliau baru keluar dari rumah sakit seusai perawatan selama beberapa hari. Saat itu, beliau sudah sehat dan terlihat bugar. Itulah pertemuan terakhir saya dengan Buya Syafii, " kenang dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu lalu menuliskan kabar tentang Buya Syafii Maarif.

"Hari ini, pukul 10.15 WIB, Buya Prof. Dr. H. Ahmad Syafii Maarif, tokoh bangsa yang kita cintai, wafat di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta.

Innalillahi wa inna ilaihi rajiun," lanjutnya.

Ia pun menyampaikan belasungkawanya atas berpulangnya Buya Syafii. Ia berdoa semoga amal ibadah diterima oleh Allah.

"Atas nama pemerintah, rakyat Indonesia, saya menyampaikan belasungkawa yang dalam atas berpulangnya Buya Syafii. Semoga segala amal ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT, diampuni kesalahannya, dan segenap keluarga yang ditinggalkan sabar dan tabah.

Selamat jalan Sang Guru Bangsa, " tulis Jokowi.

Jenazah cendekiawan muslim itu akan dimakamkan di Pemakaman Muhammadiyah di Dusun Donomulyo, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Jumat (27/5) sore. Sebelum diberangkatkan ke Kulon Progo, jenazah Buya Syafii saat ini disemayamkan di Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta.

Seperti diketahui Buya Syafii Maarif sempat dirawat di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, Kabupaten Sleman, sejak 14 Mei 2022. karena mengalami sesak napas. Sebelumnya pada pada Maret 2022, Buya Syafii juga sempat dirawat rumah sakit yang sama karena mengalami serangan jantung ringan.

(brl/lea)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/lea)