Brilio.net - Siapa bilang kalau anak-anak itu pikirannya main mulu, belum berpikir kebaikan buat orang lain? Justru dari mereka, orang-orang dewasa bisa belajar banyak hal. Sebagaimana yang dilakukan oleh bocah 9 tahun asal Clarksville, Tennessee, Amerika Serikat satu ini. Tyler Fugett menyumbangkan lebih dari 100 buku ke penjara Montgomery County Sheriff, Texas, Amerika Serikat.

Tyler sengaja mengumpulkan uang sakunya untuk membeli sejumlah buku tersebut. Bersama dengan ibunya, Rebecca Corkren, Tyler keliling toko buku untuk mendapatkan buku-buku.

"Dia berkata "Ketika pikiranku butek, aku suka membaca, sehingga aku ingin mengoleksi buku untuk mereka," ujar Corkren menirukan Tyler, sebagaimana dilansir brilio.net dari ABC News, Sabtu (2/7).

Di samping itu, Tyler menyumbangkan buku-buku tersebut tepat setelah sang ayah tiri keluar dari penjara. Menurutnya, kalau para tahanan membaca, mereka tak punya waktu melakukan hal buruk kembali sekeluarnya dari penjara. "Mungkin mereka akan menemukan sesuatu yang membuat mereka menjadi orang yang lebih baik," kata Tyler.

Niat baik Tyler ini dibuka dengan tangan lebar oleh kepala sheriff penjara Montgomery County Sheriff dan segenap jajarannya.

"Perpustakaan penjara kami tidak memiliki anggaran dan tidak ada uang pembayar pajak untuk membeli buku. Kami mengandalkan 100 persen pada sumbangan sehingga ketika kami mendapatkannya, itu membuat kami bersemangat," jelas  Sandra Brandon petugas informasi publik untuk Montgomery County Sheriff

Bukan cuma buku, Tyler dan ibunya tengah mengumpulkan perlengkapan mandi untuk disumbangkan ke tahanan dan orang-orang yang membutuhkan.