Brilio.net - Pekerjaan sebagai tukang sampah merupakan pekerjaan yang seringkali luput dari perhatian banyak orang. Pekerjaan kasar ini bahkan kerap dipandang sebelah mata dan dianggap menjijikkan bagi sebagian orang.

Namun hal tersebut ternyata tidak mempengaruhi seorang pria bernama Zubaidi dari kota istimewa, Yogyakarta. Pria berusia 65 tahun itu tidak merasa malu atau jijik terhadap pekerjaannya sebagai tukang sampah. Bahkan dirinya sudah melakoni pekerjaannya tersebut selama 20 tahun.

Pekerjaan yang dilakukannya memang bukanlah pekerjaan yang istimewa dan membanggakan, akan tetapi sikap jujur Zubaidi-lah yang begitu istimewa. Berkat sikap jujurnya tersebut, Zubaidi bahkan dapat bertemu langsung dengan orang nomor satu di Indonesia, Joko Widodo.

Ya, pria yang kini tinggal sebatang kara tersebut bertemu langsung dengan Presiden Indonesia, Jokowi pada Senin (4/6). Ia mendapat kesempatan berharga tersebut karena sikap jujurnya selama ini. Hal ini berawal dari kisahnya yang tidak sengaja menemukan tas karung goni di pinggir jalan pada Rabu, (23/5). Di mana dalam karung goni itu berisi uang senilai Rp 20 juta dan amplop-amplop berisi uang senilai Rp 10 ribu.

Tidak merasa tergiur untuk memiliki dan mengambil hal milik orang lain tersebut, Zubaidi justru menyerahkan hasil temuannya yang berupa uang tersebut kepada pihak polisi. Beberapa hari kemudian, pihak polisi akhirnya menemukan pemilik uang yang sebelumnya ditemukan Zubaidi tercecer di pinggir jalan.

Usut punya usut, ternyata hal tersebut bukanlah kali pertama bagi Zubaidi. Dirinya juga sudah beberapa kali menemukan uang jutaan rupiah, STNK dan barang lainnya yang tercecer di jalanan. Semua hasil temuannya itu selalu ia kembalikan kepada pemiliknya. Bahkan jika terdapat alamatnya, Zubaidi akan langsung mengantarkannya.

Zubaidi bertemu dengan Presiden Jokowi pada acara buka puasa bersama dengan para pengusaha anggota Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) di Jakarta pada Senin, (4/6). Pak Zubaidi diundang sebagai bukti nyata dari tema yang diusung pada saat itu, yaitu Tabah, Jujur dan Setia.

tukang sampah jujur © 2018 Facebook

foto: Facebook/Presiden Joko Widodo

Pada kesempatan langka tersebut, Zubaidi diberi kesempatan untuk menyampaikan permintaan yang diinginkannya secara langsung kepada Presiden Jokowi. Alih-alih meminta barang mewah atau sejumlah uang, Zubaidi hanya menyampaikan permintaannya yang sangat sederhana. Permintaan tersebut yaitu ia ingin berjabat tangan dan juga berfoto bersama dengan Presiden Jokowi.

"Ingin berjabat tangan dan kalau boleh minta berfoto bersama dengan pak presiden," ujar Zubaidi yang dikutip brilio.net dari video yang diunggah akun YouTube, Jokowi Presiden RI Ke 7.

Cerita inspiratif ini juga dibagikan pada halaman Facebook resmi Jokowi dengan nama akun Presiden Joko Widodo. Postingan Jokowi tersebut hingga kini sudha dibagikan lebih dari 5.000 kali dan disukai lebih dari 50.000 orang. Para warganet juga banyak memberi komentarnya pada kolom komentar.

"Bpk ini jujur sekali di tengah kekurangannya beliau tidak mengambil uang yg ditemukannya tpi justru mengembalikan kepada yg empunya saluutt...semoga bpk ini diberikan umur yg panjang dan kesehatan," tulis akun Irfan Aganis.

"Wajib di tiru kemuliaan hatinya. Hidup di jaman now sangat mustahil sejujur itu. Semoga slalu di beri kesehatan dan rejeki yg lancar barokah Amin," papar akun Pakde Wartoyo.

"Semoga Alloh swt membalas kebaikan beliau amiiinnn," ucap akun Misok Kos.

"Pak Zubaidi, terima kasih telah menunjukkan keteladanan bagi bangsa ini.. Kami harus belajar banyak kepada bapak.." komentar akun Albertus Terry Natadireja.