Brilio.net - Tentara bukan sekadar bertugas menjadi prajurit yang membela dan mengamankan negara dengan mengandalkan senjata. Dalam menjalankan tugasnya, tak jarang tentara seakan dituntut serba bisa. Misalnya saja memasak atau mengolah makanan dari sumber makanan yang ada andaikata berada di alam bebas, mampu menyetrika baju seragam super rapi untuk acara formal, bahkan sampai menyambi sebagai tenaga pendidik kala mendapatkan penugasan di daerah perbatasan.

Seperti dalam beberapa potret yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Senin (25/9), berikut ini. Para tentara menjadi guru bagi siswa di daerah. Hal ini menjadi inspirasi tersendiri bahwa setia kepada negara bukan sekadar membela dan mengamankan negara dengan angkat senjata, melainkan juga melakukan pembinaan kepada masyarakat, termasuk pula menularkan ilmu kepada generasi penerus bangsa. Cek yuk, foto-foto para anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) menyambi menjadi guru berikut ini!

1. Seorang tentara Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-RDTL Yonif 514/R Kostrad yang berada di Desa Sarabau, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, mengajari Bahasa Inggris dan komputer para siswa SDN Asulait. Potret ini diambil pada sekitar Juli 2015 lalu.

tentara nyambi guru berbagai sumber

foto: tni.mil.id

2. Serma Aris Pribadi dan Kopda Wahyudi, personel Yonif 410 Alugoro Blora, Jawa Tengah, yang tengah mengajari anak-anak mengaji di Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Kampung Wembi, Distrik Manen, Kabupaten Keerom, Papua. Mereka memang tengah bertugas sebagai Satgas Pamtas di Indonesia-Papua Nugini. Foto ini diambil sekitar bulan Juli atau Agustus 2017 , mengingat menurut kabar yang beredar, TPQ tersebut dibuka pada Sabtu (29/7) lalu.

tentara nyambi guru berbagai sumber

foto: dok pendam IV/Diponegoro

3. Seorang tentara Babinsa Koramil 01/Magelang Selatan sedang mengajari siswa SDN Gelangan 5 materi tali-temali pada Januari 2016 lalu.

tentara nyambi guru berbagai sumber

foto: tniad.mil.id

4. Tentara Yonif (Danyonif) 751 Raider yang bertugas di Kabupaten Puncak Jaya, Papua menyambi sebagai guru di sekolah setempat. Tentu hal ini sifatnya membantu, melihat terkadang ada sekolah yang kekurangan tenaga pendidik. Para tentara pun ditekankan untuk tidak mengesampingkan tugas pokoknya mengamankan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

tentara nyambi guru berbagai sumber

foto: militerindonesiamy.blogspot.co.id

5. Bukan hanya materi mata pelajaran, anggota Babinsa Ramil 08/Pakis Kodim 0705/Magelang, Serka Sutadi beserta 2 orang anggota lainnya ini mengajarkan materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada para siswa SMP PGRI Pakis, Magelang. Tujuannya untuk membentuk karakter dan mental tangguh generasi penerus bangsa. Foto ini diambil sekitar bulan September 2015 lalu.

tentara nyambi guru berbagai sumber

foto: tniad.mil.id

6. Anggota Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99, Pratu Yasir Arafat tengah mengajari anak-anak Desa Badak Kecamatan Dabun Gelang, Gayo Lues, Aceh mengaji pada Senin (17/7) lalu.

tentara nyambi guru berbagai sumber

foto: pelita8.com

7. Potret yang diunggah akun resmi Instagram Puspen TNI ini mendapat ribuan love. Gimana nggak adem lihat TNI dekat dengan masyarakat, terlebih generasi muda? "BERSAMA RAKYAT TNI KUAT," demikian isi captionnya.

 

Selamat pagi #sobatpuspen TNI harus dekat dengan Rakyat. "BERSAMA RAKYAT TNI KUAT"

A post shared by Puspen TNI (@puspentni) on