Brilio.net - Masih teringat jelas pemberitaan beberapa tempo lalu tentang Aprilia Manganang. Setelah dibuat bingung dengan kondisinya, sosok 28 tahun itu akhirnya resmi menjadi pria. Kabar baik itu disampaikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa.

Sebuah perjalan yang tak mudah untuk mantan atlet voli nasional tersebut. Aprilia harus menjalani rangkaian pemeriksaan medis untuk mengetahui status jendernya. Dari pemeriksaan tersebut diketahui Aprilia Manganang mengalami hipospadia.

Kelaian tersebut membuat Aprilia Manganang sejak kecil dianggap sebagai perempuan. Meski ia merasa dirinya berbeda dengan perempuan lainnya. Kepastian jender ini membuat Aprilia Manganang lega.

Ditambah lagi Hetty Andika Perkasa, istri Jendral TNI Andika Perkasa, telah mempersiapkan nama baru untuk sang prajurit. Lewat sebuah pertemuan yang dibagikan pada akun YouTube TNI AD, Ibu Hetty Andika Perkasa menyampaikan nama baru tersebut.

nama baru manganang © YouTube

foto: YouTube/TNI AD

"Saya ini seorang ibu yang selalu mendoakan anak-anaknya yang baik-baik. Saya ingin memberi nama untuk Manganang, kalau Manganang mau. Mau dikasih nama?," tanya istri Jendral Andika Perkasa.

"Siap (mau)," jawab Manganang senang.

"Saya kasih namanya dengan doa. Jadi saya kasih nama Manganang Lanang," ujar Ibu Hetty Andika Perkasa.

Hetty pun menjelaskan arti dari nama baru yang diberikan pada Manganang. Dia juga menyampaikan keinginannya untuk membimbing Manganang menjadi laki-laki seutuhnya.

nama baru manganang © YouTube

foto: YouTube/TNI AD

"Lanang itu lelaki. Itu (diambil dari) bahasa Jawa. Jadi saya berharap dengan nama Lanang ini Manganang jadi lelaki sejati," sambungnya.

"Saya kemarin bilang sama bapak, saya ingin bapak mendidik Lanang. Untuk menjadi lelaki yang bisa jadi kebanggaan saya," pungkasnya diikuti jawaban siap dari Manganang.

Dari nama tersebut, istri Jendral Andika Perkasa berharap agar Manganang bisa menjalani kodratnya sebagai laki-laki seperti yang digariskan Tuhan.

nama baru manganang © YouTube

foto: YouTube/TNI AD

"Memilih nama ini nggak gampang. Karena ini doa saya, mendoakan kamu supaya menjadi lelaki sejati. Lelaki sejati sesuai kodrat yang Tuhan buat untuk kamu karena kamu lahir sebagai lelaki. Kamu lahir sebagai lelaki dan saya dan bapak ingin membantu kamu untuk menjalani apa yang Tuhan lahirkan kamu sebagai laki-laki," ungkap Hetty sambil menahan air mata.