Brilio.net - Sejak Selasa, 3 November 2020, pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) diikuti dua kandidat, Donald Trump dan Joe Biden. Pemilihan Presiden AS ini tak hanya menjadi perhatian dalam negeri adidaya itu saja, namun juga di seluruh dunia.

Dalam pemilihan tersebut, Joe Biden mengalahkan petahana Donald Trump, sehingga menasbihkannya menjadi Presiden AS ke-46 pada Sabtu 7 November 2020 waktu setempat. Momen ini memosisikan Joe Biden sebagai pemimpin negara yang dicengkeram pandemi bersejarah serta pertemuan kekacauan ekonomi dan sosial.

Kemenangannya terjadi setelah lebih dari tiga hari ketidakpastian ketika para pejabat pemilihan memilah-milah lonjakan suara, yang menunda pemrosesan beberapa surat suara. Kantor berita the Associated Press melaporkan bahwa Biden melewati 270 suara Electoral College dengan kemenangan di Pennsylvania.

Dilansir dari independent.co.uk, Biden tidak akan mengumumkan kemenangan, tetapi dia yakin mendapatkan cukup suara dalam sistem electoral college untuk mengalahkan Presiden Donald Trump.

"Jelas bahwa kami memenangkan cukup banyak negara bagian untuk mencapai 270 suara elektoral yang dibutuhkan untuk memenangkan kursi kepresidenan," kata Joe Biden.

Loading...

Baik Joe Biden dan wakilnya, Kamala Harris sama-sama mencetak sejarah di AS. Joe Biden bakal menjadi presiden tertua di AS sepanjang sejarah. Sementara Kamala Harris juga mengukir sejarah sebagai wanita berkulit hitam pertama yang menjadi wakil presiden.

Untuk mengenal lebih lanjut sosok Joe Biden, berikut deretan fakta Joe Biden, brilio.net lansir dari berbagai sumber pada Minggu (8/11).

1. Mantan wakil presiden AS.

Fakta Joe Biden © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@joebiden

Joe Biden merupakan mantan wakil presiden AS sejak 2009 sampai 2017. Saat itu dirinya menjadi wakil dari mantan presiden Barack Obama.

Pada 22 Agustus 2008, diumumkan bahwa Barack Obama memilih Biden sebagai pasangan bakal calon wakil presidennya dalam pemilihan presiden 2008.

Joe Biden menjabat wakil presiden AS mendampingi kepemimpinan Barack Obama selama dua periode berturut-turut.

2. Tiga kali mencalonkan diri sebagai Presiden AS.

Fakta Joe Biden © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@joebiden

Sebelumnya, Joe Biden pernah mencalonkan diri sebagai Presiden AS sebanyak dua kali dalam bursa calon presiden dari Partai Demokrat.

Dalam dua kesempatan, pada 1988 dan 2008 ia kalah dalam konvensi Partai Demokrat.

Pada tahun 2020 ini, merupakan ketiga kalinya dia mencalonkan diri sebagai Presiden AS dan akhirnya membuahkan hasil yang manis.

3. Bakal jadi presiden tertua di AS.

Fakta Joe Biden © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@joebiden

Joe Biden lahir di Scranton, Pennsylvania, 20 November 1942 dari pasangan Joseph Robinette Biden Sr dan Catherine Eugenia (Finnegan) Biden. Usia Joe Biden saat ini sudah hampir menginjak 78 tahun. Itu artinya, dirinya bakal menjadi presiden tertua di AS sepanjang sejarah.

Sebelum memenangkan nominasi Partai Demokrat pada Januari tahun ini, Biden mengatakan bahwa dirinya harus memilih wakil presiden yang akan dapat mengambil alih Gedung Putih 'segera' karena usianya yang sudah tua.

4. Tiga puluh enam tahun menjabat sebagai Senator asal Delaware.

Fakta Joe Biden © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@joebiden

Sebagai politisi senior yang sudah 36 tahun menjabat sebagai Senator Partai Demokrat, Joe Biden membuktikan bahwa dirinya memang sosok yang penting, baik di dalam negeri maupun internasional.

Sebagai Ketua atau Anggota Peringkat Komite Kehakiman Senat selama 17 tahun, Biden secara luas diakui kehebatannya pada isu peradilan pidana termasuk dalam kasus the landmark 1994 Crime Bill dan kekerasan terhadap perempuan.

Sebagai Ketua atau Anggota Peringkat Senat Komite Hubungan Luar Negeri sejak tahun 1997, Biden memainkan peran penting dalam membentuk kebijakan luar negeri AS.

Dia telah berada di garis depan isu dan regulasi terkait terorisme, senjata pemusnah massal, pasca Perang Dingin Eropa, Timur Tengah, dan Asia Barat Daya.

5. Pernah menjadi senator termuda di AS.

Fakta Joe Biden © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@joebiden

Joe Biden memulai karier politiknya pada 1970. Saat itu ia memutuskan bergabung ke Partai Demokrat dan bertugas sebagai anggota Dewan New Castle. Sebelum menjadi seorang politikus, Biden merupakan seorang pengacara di Delaware.

Berkat kerja keras Biden, pada 1973 ia resmi dilantik menjadi anggota senat. Ia pun menjadi senator termuda ke-6 dalam sejarah pemerintahan AS. Saat itu, usianya masih 29 tahun. Padahal secara aturan seorang senator minimal harus berusia 30 tahun.

6. Dalam kampanyenya, Biden mengusung isu Covid-19.

Fakta Joe Biden © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@joebiden

Gaya kampanye pemilu Biden tidak seagresif Trump karena Partai Demokrat lebih ingin menggambarkan dirinya sebagai sosok yang lebih bertanggung jawab dalam menerapkan kebijakan untuk menekan pandemi virus Corona.

Biden mengkritik habis-habisan Donald Trump yang dianggap tidak serius menangani virus yang telah menginfeksi lebih dari 8 juta penduduk AS serta menewaskan lebih dari 180.000 orang.

7. Pernah mengalami hal tragis dalam kehidupan pribadinya.

Fakta Joe Biden © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@drbiden

Mengulik kehidupan pribadinya, Joe Biden pernah kehilangan orang-orang yang ia cintai pada satu waktu dalam sebuah kecelakaan.

Biden kehilangan istri pertamanya Neilia dan anak perempuannya Naomi dalam kecelakaan mobil pada tahun 1972. Kedua putranya, Beau dan Hunter, juga berada di dalam kendaraan tetapi selamat.

Terakhir, putra tertuanya, Beau, meninggal karena kanker otak pada 2015.

8. Menikah lagi setelah kehilangan istri pertamanya.

Fakta Joe Biden © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@drbiden

Setelah ditinggalkan istri pertamanya, Neilia, Joe Biden kembali bangkit dari keterpurukan. Pada tahun 1977, Biden menikah dengan Jill Tracy Jacobs.

Untuk mendapatkan Jill Tracy, Biden harus melamar Tracy sebanyak lima kali sebelum dia setuju untuk menikahi Biden.

Hingga kini, rumah tangga Biden dan Jill nampak harmonis. Kehadiran Jill menjadi kekuatan di belakang Biden selama lebih dari 40 tahun bersama.

9. Mempunyai kekayaan USD 9 juta.

Fakta Joe Biden © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@joebiden

Joe Biden memang tidak sekaya Donald Trump. Namun, Joe Biden yang sering menyebut dirinya Middle Class Joe ini ternyata bukan orang miskin juga.

Berdasarkan perhitungan Forbes, Joe Biden dan istrinya Jill Biden mempunyai kekayaan USD 9 juta atau kurang lebih Rp 127 miliar (estimasi kurs 14.214 per dolar AS).

Menurut catatan pajak dan laporan finansial dalam laman kampanye Biden, kebanyakan penghasilan Joe Biden dan istrinya Jill Biden didapatkan dari menjadi seorang pembicara publik serta bayaran royalti dari buku karyanya.

RECOMMENDED BY EDITOR