Brilio.net - Kebiasaan Jokowi memang blusukan dan menyapa rakyat. Ia sering melakukan hal-hal tak terduga. Misalnya iku menonton konser metal, naik motor custom, berjaket ala anak muda, datang ke pesta pernikahan pengawalnya dan masih banyak yang lain. Ia juga selalu tampil sederhana, rapi dengan jeans dan kemeja putih.

Kesederhanaan Jokowi ini seringkali jadi sorotan. Dalam segi busana, ia tidak sungkan mengumbar foto berkaus dan bersarung saat berada di Istana Negara. Saat melakukan tugas dinas, Jokowi juga tidak jarang makan di warung sederhana bersama pejabat lainnya. Misalnya ia pernah makan Garang Asem di Ponorogo pada tahun 2016 bersama Mantan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.

Sebagai seorang Presiden, mantan Wali Kota Solo ini juga tidak keberatan makan jajanan sederhana. Jokowi beberapa kali makan di pinggir jalan dan juga menyantap jajanan kaki lima.

Baru-baru ini saat ia mengunjungi program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) yang dilakukan oleh PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) di di Lapangan Gongseng, Ciracas, Jakarta Timur, Jokowi turut mencicipi jajanan kaki lima yang dipamerkan di sana.

Jokowi mampir ke sebuah warung cilok buatan Ibu Nurhayati. Ia turut mencicipi cilok tersebut dan mengungkapkan kesannya melalui akun Twitter.

"Jajan cilok buatan Ibu Nurhayati, pengusaha super mikro binaan Program Mekaar di Ciracas, Jakarta Timur, kemarin. Sejak dimulai 2015, PNM Mekaar telah melayani 4.057.000 usaha seperti Ibu Nurhayati di seluruh Indonesia. Saya berharap, dari Mekaar mereka naik tingkat jadi UKM," tulis akun Twitter @jokowi.

Jokowi tidak hanya sekali jajan di pinggir jalan atau kaki lima. Berikut momen Jokowi jajan dilansir brilio.net ndari berbagai sumber, Jumat (11/1).

1. Momen saat Jokowi mencicipi cilok buatan Ibu Nurhayati, pengusaha super mikro binaan Program Mekaar di Ciracas, Jakarta Timur.

jokowi jajan kaki lima © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: Twitter/@jokowi

 

2. Jokowi dan Ibu Negara Iriana saat membeli dua kerak telor senilai Rp 50 ribu di kawasan Kemayoran, Jakarta.

jokowi jajan kaki lima © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: merdeka.com

 

3. Jokowi membeli sate Ponorogo, pecel Madiun dan kerupuk karak di rest area sepanjang jalan tol Surabaya-Jakarta.

 

4. Momen saat Jokowi membeli jajanan pasar di Pasar Kranggan Yogyakarta.

jokowi jajan kaki lima © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: Twitter/@KSPgoid

 

5. Jokowi ngopi di Angkringanku, Tulungagung, Jawa Timur.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Kopi empat ribu perak, es cappuccino lima ribu perak, hanya ada di Angkringanku, kafe Mas Aji dari Tulungagung. Slurrrrp!

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

 

6. Saat tahun baru bahkan Jokowi mengundang penjual kaki lima ke Istana Bogor, semua pegawai di Istana Bogor ditraktir.

 

7. Jokowi memborong bengkoang saat jalan-jalan di jalan-jalan di car free day (CFD) tahun 2015.

jokowi jajan kaki lima © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: Merdeka.com