Brilio.net - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017, bursa bakal calon gubernur (bacagub) DKI sudah mulai ramai dibicarakan di media sosial Indonesia.

Banyak nama bermunculan untuk melawan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang maju melalui jalur independen.

Lalu siapa saja dan cara 'nyeleneh' apa saja yang dilakukan para bakal calon gubernur DKI untuk mencuri hati warga ibu kota? Berikut rangkumannya dari brilio.net, Senin (21/3):


1. Sidak ke pasar tradisional dengan kaos Mickey Mouse

Nyeleneh DKI © 2016 brilio.net

Yusril Ihza Mahendra menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta pada Pilgub 2017. Salah satu cara Yusril yang cukup 'nyeleneh' dan menarik perhatian pengguna media sosial, adalah ketika dirinya bertandang ke pasar tradisional di Puri Indah, Kembangan, Jakarta Barat, Minggu (6/3) dengan mengenakan Mickey Mouse. Hal ini tentu saja menarik perhatian karena kaos Mickey Mouse biasanya dipakai oleh anak-anak kecil dan kaum perempuan, sedangkan kali ini dipakai oleh orang yang ingin memimpin Ibu kota Jakarta.


2. Turun ke jalan macet dan mengatur lalulintas

Nyeleneh DKI © 2016 brilio.net

Mungkin banyak yang belum kenal siapa itu Hasnaeni, karena perempuan yang dikenal Wanita Emas ini kerap menucri hati warga dengan cara yang cukup 'nyeleneh'. Salah satunya adalah ketika Hasnaeni ini turun langsung ke jalan raya dan mengatur padatnya lalu lintas di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Dengan berbekal peluit saja, ia mengatur jalan layaknya polisi lalu lintas. Wah, nggak takut ketabrak ya?


3. Merampok sampah

Nyeleneh DKI © 2016 brilio.net

Sandiaga Uno yang juga maju dalam bursa Cagub DKI tak kalah cara menggalang elektabilitas. Ia bersama yayasan Chesire di kawasan Cilandak, me-'rampok sampah' alias bersih-bersih bersama. Cara 'nyeleneh' ala Sandiaga Uno saat bersih-bersih sampah ini juga turut mengajak para penyandang disabilitas berpartisipasi.


4. Gerakan Suka Haji Lulung

Nyeleneh DKI © 2016 brilio.net

Siapa yang tak kenal dengan Haji Lulung? Pentolan Tanah Abang ini tak mau kalah dengan lawannya. Dengan menggunakan ruangan berukuran 4x3 meter dengan lantai keramik putih dan dinding warna kombinasi cokelat dan krem, Abraham Lunggana menjadikannya posko untuk kelompok Suka Haji Lulung. Yang cukup menarik dan 'nyeleneh', kelompok Suka Haji Lulung ini menggunakan media sosial Path untuk berkampanye. Isinya berbagai macam momen yang dilakukan oleh Haji Lulung, salah satunya saat dirinya mengangkut jenazah.


5. Blusukan ke lokalisasi

Nyeleneh DKI © 2016 brilio.net

Musisi ternama Ahmad Dani ternyata juga tak mau absen dalam bursa Cagub DKI. Merasa memiliki popularitas yang cukup, ia maju melalui pinangan PKB. Salah satu cara nyelenehnya dalam adalah ia berkunjung ke Kalijodo dengan dikawal Banser dan ngopi di salah satu warung di Kalijodo.


6. Gerakan Sahabat Adhyaksa

Nyeleneh DKI © 2016 brilio.net

Adhyaksa Dault yang merupakan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga dalam kabinet Indonesia bersatu (2004–2009) ini juga ikut tampil di bursa Cagub DKI. Ia maju dan saat ini sedang menggalang masa melalui gerakan Sahabat Adhyaksa. Namun belakangan dirinya cemas karena persyaratan untuk maju independen diperbanyak minimal KTP dukungan, apalagi dirinya belum dipinang oleh partai mana pun.


7. Gerakan Teman Ahok

Nyeleneh DKI © 2016 brilio.net

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ternyata belum puas berkantor di Kantor Gubernur di Jalan Medan Merdeka Selatan. Ahok menyatakan kesiapannya maju kembali di Pilgub 2017, mendatang dengan menggandeng Heru Budi melalui jalur independen. Ahok dan Heru mengaku siap maju tanpa partai dengan pinangan anak-anak muda yang tergabung dalam Teman Ahok.


Kalau kamu suka yang mana nih, di antara mereka semua?