Brilio.net - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan hasil akhir rekapitulasi suara Pemilu 2019 pada Selasa (21/5). Hasil rekapitulasi tersebut menunjukkan paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin unggul atas lawannya Prabowo-Sandi. Jokowi berhasil meraih suara sebanyak 85.607.362 atau 55,50 persen, sementara Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno meraih suara sebesar 68.650.239 suara atau 44,50 persen.

Usai pengumuman hasil rekapitulasi, masing-masing capres telah menanggapi hasil tersebut. Capres dan cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin telah menyampaikan pidato kemenangannya. Keduanya menyampaikan rasa terimakasih kepada masyarakat atas kepercayaan yang diberikan kepada mereka. Sementara itu, Prabowo Subianto juga menanggapi hasil rekapitulasi ini meskipun pihaknya menolak hasil pilpres. Namun, Prabowo menyatakan bahwa pihaknya tengah mengupayakan langkah-langkah hukum.

Sementara itu, para pemimpin negara sahabat berbondong-bondong menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi sebagai presiden terpilih. Para pemimpin dunia tersebut menyampaikan ucapan selamat melalui surat terbuka maupun unggahan di media sosial.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (22/5), berikut ucapan selamat dari 5 pemimpin dunia kepada Jokowi sebagai presiden terpilih.

1. Perdana Menteri Australia Scott Morrison.

Loading...

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengucapkan selamat kepada Jokowi atas kemenangannya dalam Pemilu 2019. Ucapan selamat ini ditulisnya melalui akun Twitter pribadinya. Dalam ucapan selamatnya, PM Scott Morrison juga mengungkapkan bahwa Indonesia merupakan salah satu mitra penting bagi Australia. Dirinya juga berharap agar ke depan, hubungan Indonesia dan Australia semakin erat.

"Selamat @jokowi atas terpilihnya kembali sebagai Presiden Indonesia. Indonesia adalah salah satu (mitra) hubungan strategis paling penting Australia. Kami berharap dapat memperdalam ikatan antara Australia dan Indonesia di semua kepentingan bersama," tulis PM Scott.

2. PM Malaysia Tun Mahathir Mohamad.

Pemimpin negara tetangga, Tun Mahathir Mohamad juga mengucapkan selamat atas kemenangan Jokowi di Pilpres 2019 ini. PM Mahathir mengucapkan selamat melalui akun Twitter resminya. Dalam ucapan selamatnya, PM Mahathir juga berharap agar hubungan kerja sama antara dua negara tetangga ini akan semakin erat.

"Saya ucap tahniah kepada Bapak @jokowi atas kemenangan secara rasmi sebagai Presiden Republik Indonesia. Saya berharap kerja sama antara dua negara akan semakin erat selepas ini," tulis PM Mahathir.

3. PM India Narendra Modi.

Ucapan selamat untuk Jokowi juga mengalir dari Perdana Menteri India Narendra Modi. Melalui cuitan di akun Twitternya, PM Modi menyampaikan ucapan selamat atas kemenangan Jokowi dan juga atas keberhasilan penyelenggaraan pemilu di Indonesia. PM Modi juga berharap supaya hubungan kemitraan Indonesia dan India akan semakin erat.

"Selamat yang sebesar-besarnya kepada @jokowi atas terpilihnya Anda kembali! Sebagai dua negara demokrasi besar, kami bangga atas keberhasilan perayaan demokrasi. Kami berharap Anda dan rakyat Indonesia semua sukses di bawah kepemimpinan dinamis Anda," tulis PM Modi.

"Saat kita menandai tujuh dekade hubungan diplomatik kita, saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda untuk semakin memperdalam Kemitraan Strategis Komprehensif bilateral kita. @jokowi," lanjutnya.

4. Presiden Singapura Halimah Yacob.

Melalui surat yang diunggah oleh laman Facebook Kedutaan Besar Singapura di Indonesia, Presiden Singapura Halimah Yacob mengucapkan selamat kepada Jokowi atas terpilihnya sebagai Presiden RI. Ke depannya, Halimah berharap agar hubungan bilateral Indonesia dan Singapura semakin erat. Terlebih kedua negara ini sudah memiliki hubungan yang sangat baik.

"Atas nama rakyat Singapura, saya ucapkan selamat atas terpilihnya kembali sebagai Presiden Republik Indonesia. Kemenangan anda (Jokowi) yang meyakinkan adalah bukti kepercayaan dan keyakinan yang dimiliki rakyat Indonesia terhadap kepemimpinan anda. Saya yakin anda akan membangun fondasi yang kuat dari masa jabatan pertama anda untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi semua orang Indonesia," ungkap Presiden Halimah.

"Singapura dan Indonesia memiliki hubungan yang sangat baik, dibangun atas dasar saling menghormati dan kerja sama. Saya yakin bahwa hubungan kedua negara akan terus menguat di tahun-tahun mendatang," lanjutnya.

5. PM Singapura Lee Hsien Loong

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengucapkan selamat kepada Presiden RI Joko Widodo atas terpilihnya kembali untuk masa jabatan kedua 2019-2024. Melalui surat terbuka yang diunggah oleh laman Facebook Kedutaan Besar Singapura di Jakarta, dirinya mengucapkan selamat kepada Jokowi. Selain itu, PM Lee juga berharap agar hubungan Singapura dan Indonesia semakin erat ke depannya.

"Selamat dari saya atas terpilihnya kembali sebagai Presiden Republik Indonesia! Mandat yang anda (Jokowi) terima mencerminkan kepercayaan yang ditunjukkan oleh orang Indonesia dalam kepemimpinan anda yang berkelanjutan, dan visi anda untuk mengangkat kehidupan semua orang Indonesia," ungkap PM Lee.

"Saya dan istri berharap anda dan Ibu Iriana senantiasa sehat dan sukses. Saya berharap dapat bertemu dengan anda di KTT ASEAN di Bangkok bulan depan," pungkasnya.

6. Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe.

Usai KPU (Komisi Pemilihan Umun) telah mengumumkan bahwa pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin menang dalam Pemilihan Umum Presiden yang diselenggarakan pada tanggal 17 April. Shinzo Abe, Perdana Menteri Jepang telah mengirimkan pesan ucapan selamat kepada Jokowi.

Dalam pesan ucapan selamat tersebut, Perdana Menteri Abe menyampaikan selamat atas terpilihnya kembali Presiden Joko Widodo. Perdana Menteri Abe juga menyampaikan harapan beliau untuk bekerja sama dengan Presiden Joko Widodo guna memperkokoh hubungan antara kedua negara.

RECOMMENDED BY EDITOR