Brilio.net - Kabar duka datang dari ibu negara keenam Indonesia, Ani Yudhoyono. Istri dari Susilo Bambang Yudhoyono telah tutup usia pada Sabtu (1/6) pukul 11.50 waktu Singapura pada 66 tahun akibat kanker darah. Sebelumnya Ani Yudhoyono dirawat secara insentif di National University Hospital Singapura, sejak Februari lalu.

Kondisi Ani sempat stabil, dan momen bahagia itu sempat ia bagikan melalui media sosialnya. Tetapi pada Rabu, (29/5) kondisi Ani sempat drop dan harus dirawat di ICU (Intensive Care Unit). Sontak kabar itu kembali membuat seluruh keluarga dan masyarakat Indonesia cemas.

Selama berbulan-bulan Ani ditemani oleh suami, yang selalu setia di sampingnya. Kedua mantunya, yakni Annisa Pohan dan Aliya Rajasa juga terus bergantian bolak-balik Jakarta-Singapura demi merawat ibu mertuanya. Seluruh keluarga SBY juga sering meminta doa untuk kesembuhan Ani melalui media sosialnya.

Namun takdir berkata lain, wanita asal Yogyakarta ini harus menghadap Sang Khalik. Sosok Ani Yudhoyono dikenang oleh para pesohor maupun elit politik Indonesia. Berikut rangkuman Brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (1/6).

1. Agung Laksono.

Kenangan pesohor Ani Yudhoyono instagram

foto: liputan6

Mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia ini mengenang sosok Ani Yudhoyono saat diwawancara stasiun TV, Kompas. Baginya Ani merupakan sosok yang tidak mementingkan kepentingan pribadi. Ani juga kerap memberikan petuah kepadanya untuk bisa bertugas secara optimal. Namun tak lupa untuk memberikan waktu kepada keluarga.

2. Anies Baswedan.

Kenangan pesohor Ani Yudhoyono instagram

foto: Instagram/@aniesbaswedan

Sama halnya dengan pesohor lainnya, Anies Baswedan juga menganggap Ani Yudhoyono adalah seorang wanita yang tegar dan energik. Gubernur DKI Jakarta itu mengutarakan mendiang Ani Yudhoyono puteri pejuang yang meneruskan tradisi perjuangan keluarganya.

3. Imelda Sari.

Kenangan pesohor Ani Yudhoyono instagram

foto: Instagram/@aniyudhoyono

Imelda Sari selaku Ketua Divisi Komunikasi Publik Partai Demokrat sangat berterima kasih atas perhatian masyarakat, dirinya juga meminta agar memaafkan semua kesalahan Ani Yudhoyono. Tak lupa Imelda juga membagikan cerita mengenai Ibu Ani di matanya.

Melalui grup WhatsApp, beliau masih sempat saling kontak. Imelda melihat Ani sangat memiliki spirit yang tinggi. Ani masih tampak memberikan semangat kepada anak-anaknya meskipun sedang sakit.

"Mengirimkan foto-foto yang beliau pikir itu foto yang terbaik. Jadi beliau sampai akhir-akhir masa hidupnya menurut saya masih membuat karya," kenang Imelda Sari sebagaimana dikutip dari wawancara dengan stasiun TV, Kompas.

4. Djoko Suyanto.

Kenangan pesohor Ani Yudhoyono instagram

foto: wikipedia

Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia, Djoko Suyanto selama sebulan sekali ia menengok Ani Yudhoyono. Melalui video call, ia kerap berinteraksi dengan Ani. Meskipun Ani mengidap penyakit yang luar biasa berat, Ani Yudhoyono tetap memiliki jiwa yang energik.

Ani merupakan sosok yang dapat menerima semua masukan dari Djoko Suyanto. Semua itu juga demi kebaikan semua.

"Ibu Ani Yudhoyono juga kerap berinteraksi dengan masyarakat. Beliau sangat peduli kepada Indonesia. Sosialisasinya tak pernah berhenti demi bangsa dan negara," tutur Djoko Suyanto seperti dikutip dari wawancara stasiun TV, Kompas.

5. Sri Mulyani.

Kenangan pesohor Ani Yudhoyono instagram

foto: Instagram/@smindrawati

Sri Mulyani, Menteri Keuangan Indonesia menggambarkan sosok Ani Yudhoyono adalah wanita penting Indonesia. Sosok yang begitu sangat tegar termasuk pada era kepemimpinan SBY.

"Beliau tokoh setia dan dedikatif menjalankan tugas. Perempuan yang memiliki peranan penting. Semoga arwah diberi tempat yang terbaik di sisi Tuhan. Setiap kali beliau ikut mencatat untuk membantu kerja SBY. Ani Yudhoyono selalu tampil rapi dalam setiap kesempatan. Ibu yang memberikan ketegaran di keluarga," ucap Sri Mulyani dalam wawancara dengan stasiun TV, Kompas.