Brilio.net - Nama Hidilyn Diaz tengah menjadi perhatian dalam dunia olahraga. Bagaimana tidak, dia sukses mempersembahkan medali emas pertama Filipina di Olimpiade. Saat itu, perempuan berusia 30 tahun itu membuat masyarakat Filipina bersorak gembira, usai memenangi kelas 55 kg angkat besi putri Olimpiade 2020, pada Senin (27/7).

foto: Instagram/@hidilyndiaz

Hidilyn Diaz mencatat total angka 224 kg, unggul tipis dari wakil China, Liao Qiuyun, di posisi kedua dengan 223 kg. Perempuan berparas manis ini pun berhasil mengukir sejarah sebagai peraih medali emas pertama Olimpiade untuk Filipina. Jelas ini menjadi prestasi yang membanggakan.

Prestasi dalam dunia olahan angkat besi bukan kali saja diraih Hidilyn Diaz, dia ternyata atlet berprestasi yang telah mengumpulkan banyak penghargaan. Berikut fakta mengenai Hidilyn Diaz, yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (30/7).

1. Anak tukang becak

Fakta menarik Hidilyn Diaz Instagram

foto: Instagram/@hidilyndiaz

Diaz datang dari keluarga sederhana, diketahui ayahnya adalah seorang nelayan, petani, dan juga tukang becak. Sebagai anak pun, Diaz dengan senang hati membantu orang tuanya bekerja saat mereka sedang berjualan ikan dan sayur. Bagi Hidilyn Diaz lahir dari keluarga sederhana tak membuat dirinya harus mengubur mimpinya dalam-dalam. Justru sebaliknya dia bangkit dan menunjukkan bahwa dirinya bisa menggapai apa yang diinginkannya.

Selain angkat besi, Diaz juga lihai dalam olaharaga basket dan voli. Namun dia hanya fokus pada angkat besi, yang akhirnya membawanya ke gerbang kesuksesan. Olahraga ini juga memberinya banyak peluang, salah satunya mendapatkan beasiswa di Universitas de Zamboanga.

Diaz sempat memfokuskan dirinya dalam pendidikan, di perguruan tinggi dia mengambil jurusan ilmu komputer. Namun memasuki tahun ketiga, Diaz mengambil keputusan untuk menyudahi pendidikannya dan kembali fokus mengejar kariernya di dunia olaharaga.

2. Bikin barbel sendiri

Fakta menarik Hidilyn Diaz Instagram

foto: Instagram/@hidilyndiaz

Hidilyn Diaz pertama kali mengenal olahraga angkat besi ini dari sepupunya, Allen Jayfrus Diaz. Sejak mengenali olahraga itu pun dia langsung tertarik. Diaz mulai berlatih,demi mendukung latihan dia pun membuat barbel sendiri. Dimana dia menggunakan pipa plastik dan pemberat beton yang dibentuk dalam kaleng.

3. Debut angkat besi saat usia 14 tahun di Olimpiade Beijing 2008.

Fakta menarik Hidilyn Diaz Instagram

foto: Instagram/@hidilyndiaz

Diaz bukan wajah yang asing di dunia olaharaga, pasalnya dia telah mewakili Filipina di empat Olimpiade. Diketahui Diaz debut di Olimpiade 2008 saat masih berusia 14 tahun. Dia juga beraksi di Olimpiade 2012 London dan Olimpiade 2016.

Kini Hidilyn Diaz telah memiliki pangkat sebagai sersan penerbang putri setelah berhasil meraih emas pada 2018. Tidak hanya menjadi atlet berprestasi, Diaz juga diketahui memiliki beberapa bisnis, cleaning service dan makanan sehat.

4. Raih medali emas SEA Games dan Asian Games.

Fakta menarik Hidilyn Diaz Instagram

foto: Instagram/@hidilyndiaz

Sebelum medali emas Olimpiade, Diaz telah lebih dulu mengantongi medali emas Asian Games dan SEA Games. Dia memenangi emas pertama di Asian Games edisi 2018 yang digelar di Jakarta. Saat itu, Diaz berjaya di divisi 53 kilogram. Hal yang sama kembali dia buktikan saat tampil di SEA Games 2019 di Filipina.

5. Cetak sejarah dan diguyur bonus miliaran.

Fakta menarik Hidilyn Diaz Instagram

foto: Instagram/@hidilyndiaz

Prestasi yang diraih Diaz memang cukup membanggakan, selain menjadi atlet kebanggaan, dia pun meraih penghargaan besar untuk dirinya sendiri. Diketahui Diaz menerima setidaknya 33 juta peso Filipina, sekitar USD 600.000 atau Rp 8,6 miliar dari Komisi Olah Raga Filipina, serta pengusaha papan atas negara itu. Bahkan nih, menurut beberapa sumber, Diaz ditawarkan dua rumah dan penerbangan gratis seumur hidup.