Brilio.net - Presiden Joko Widodo sekarang ini sedang mencari menteri yang akan membantunya menjalankan tugas negara. Sebelumnya Jokowi telah mengungkapkan kriteria menteri yang akan masuk dalam susunan kabinet baru nantinya. Jokowi sendiri juga telah menegaskan bahwa ia mencari sosok menteri yang mampu bekerja dan mengeksekusi program dengan baik.

Tak hanya itu, Jokowi juga mencari anak-anak muda yang cerdas dan bisa diandalkan dalam membantunya menjalankan tugas negara. Beberapa anak muda mulai digadang-gadang layak menjadi calon menteri Jokowi. Bahkan salah satunya langsung disebut Jokowi. Siapa saja mereka? Berikut lansiran brilio.net dari merdeka.com, Kamis (27/6).

1. Bahlil Lahadalia.

Instagram/@bahlillahadalia © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@bahlillahadalia

Nama Bahlil Lahadalia selaku Ketua Umum Hipmi disebut langsung oleh Jokowi yang cocok menjadi menteri kabinet kerja. Menurut Presiden Joko Widodo, sosok Bahlil Lahadalia pemuda yang cerdas.

"Adinda Bahlil ini kelihatannya cocok jadi menteri. Saya lihat dari samping, dari bawah ke atas, cocok ini kelihatannya. Pintar membawa suasana dan juga ya sangat cerdas, cerdas, cerdas," ujar Jokowi.

2. Agus Harimurti Yudhoyono.

Instagram/@agusyudhoyono © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@agusyudhoyono

Nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga disebut-sebut pantas masuk dalam kabinet kerja Jokowi-Ma'ruf Amin. Hal ini lantaran AHY kerap mondar-mandir bertemu Jokowi di Istana Negara.

Jokowi membuka peluang bagi anak muda berprestasi masuk dalam kabinetnya, termasuk AHY.

"Yang muda-muda, ini juga akan kita berikan ruang di kementerian. Nanti lihatlah yang muda-muda," ujar Jokowi beberapa waktu lalu.

Saat ditanya apakah nama AHY termasuk? "Kenapa tidak?" jawab Jokowi.

3. Grace Natalie.

Instagram/@gracenat  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@gracenat

Ketum PSI Grace Natalie juga mendapat penilaian bahwa dirinya pantas menjadi calon menteri Jokowi. Hal ini dianggap bahwa Natalie sosok yang berprestasi.  

4. Tsamara Amany.

Instagram/@tsamaradki © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@tsamaradki

Ketua DPP Tsamara Amany juga dianggap pantas menjadi menteri Jokowi. Bahkan Juru bicara PSI, Dara Nasution mengatakan baik Grace Natalie maupun Tsamara Amany cocok karena sesuai kriteria Jokowi mencari anak muda yang berprestasi.

"Sama-sama masih muda dan punya kapasitas memimpin (leadership) yang mumpuni. Kita enggak ingin merongrong Pak Jokowi, minta-minta jabatan. Biarlah Pak Jokowi yang memutuskan siapa anak muda yang paling dianggap kompeten untuk ada di kabinet," ujar juru bicara PSI Dara Nasution.

5. Angela Tanoesoedibjo.

Instagram/@angelatanoesoedibjo © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@angelatanoesoedibjo

Putri sulung Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Angela Tanoesoedibjo diusung Partai Perindo menjadi calon menteri Jokowi. Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq, mengatakan pihaknya mengusulkan Angela karena sesuai dengan kriteria Jokowi yang mencari menteri dari kalangan anak muda dan pintar.

"Dari apa yang disampaikan Pak Jokowi, Perindo juga menyiapkan diri kalau diminta mengusulkan calon figurnya, yaitu Angela Herliani Tanoesoedibjo," kata Ahmad Rofiq.