Brilio.net - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang dikenal memiliki gaya kepemimpinan yang sedikit berbeda dibanding presiden-presiden Indonesia sebelumnya. Pria kelahiran Solo, Jawa Tengah ini seringkali memperlihatkan spontanitas di berbagai kesempatan sehingga membuat 'repot' Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres.

Namun sebenarnya juga tak mengherankan. Ketika Jokowi masih menjadi gubernur DKI Jakarta, dirinya juga beberapa kali kerap membuat pengawalnya kerepotan ketika menemaninya blusukan. Jokowi memang dikenal sebagai pribadi yang cuek.

Nah, berikut momen-momen saat Jokowi bikin panik Paspampres, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (14/11):


1. Saat mengunjungi Tasikmalaya, Jawa Barat.

 

A post shared by Yunan Amrulloh (@yunanamrulloh) on

Paspampres dibuat panik saat Jokowi tiba-tiba membuka jendela mobil dan memanggil sejumlah tukang becak dan warga tak mampu saat berkunjung ke Kota Tasikmalaya, 9 Juni 2017 silam.

Peristiwa ini terjadi ketika rombongan mobil kepresidenan melintas di salah satu ruas jalan di kota Tasikmalaya. Sejumlah Paspampres yang mengawal mobil langsung berhamburan mengamankan lokasi yang terbuka itu.

Dari dalam mobil, Jokowi terlihat mengulurkan tangan kanan untuk bersalaman dan memberikan amplop kepada tukang becak.


2. Naik mobil golf bersama Presiden Korea Selatan.

Momen saat Jokowi bikin panik Paspampres © 2017 berbagai sumber

foto: youtube/@Kementerian Sekretariat Negara RI


Presiden Korea Selatan Moon Jae-in berkunjung ke Istana Kepresidenan di Bogor pada Kamis (9/11). Kunjungan ini merupakan pertemuan bilateral untuk penandatanganan nota kerja sama di bidang industri, transportasi, dan kesehatan.

Di sela-sela kunjungan tersebut, Presiden Jokowi mengajak Moon Jae-in ke Bogor Trade Mall, yang jaraknya sekitar satu kilometer dari Istana Kepresidenan Bogor.

Jokowi memilih menggunakan mobil golf. Ia pun menyetir sendiri mobil tersebut, ditemani Presiden Korsel. Sepanjang satu kilometer perjalanan itulah Paspampres kedua negara dibuat sibuk berlari-lari sambil hujan-hujanan.


3. Ajak Presiden Korea Selatan minum es teh di mal.

Momen saat Jokowi bikin panik Paspampres © 2017 berbagai sumber

foto: youtube/@Kementerian Sekretariat Negara RI


Selepas tiba di Bogor Trade Mall, Jokowi dan Moon Jae-in langsung menuju salah satu toko yang menjual baju batik. Keduanya pun langsung dikerumuni masyarakat yang ingin mendekat.

Selepas membeli batik, Jokowi pun mengajak Presiden Korsel mencicipi teh legendaris, Teh Tong Tji yang dijual di dalam mal tersebut. Aksi spontanitas ini pun membuat Paspampres Korsel tampak cemas dengan apa yang diminum orang nomor satu Korsel tersebut.


4. Berkunjung ke rumah calon besan di Medan.

Momen saat Jokowi bikin panik Paspampres © 2017 berbagai sumber

foto: dok. istimewa


Beberapa hari sebelum pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, Presiden Jokowi sempat menyambangi rumah calon besannya yang terletak di Bukit Hijau Regency, kompleks Taman Setiabudi, Medan.

Kedatangan Presiden dan ibu negara, Iriana Jokowi ke sana adalah untuk berkomunikasi sekaligus meninjau terkait dengan persiapan pesta pernikahan putrinya.

Jokowi tiba di rumah calon besannya itu pada Jumat (13/10) sekitar pukul 20.10 WIB. Ketika Jokowi sudah sekitar 30 menit berada di dalam rumah, lampu rumah tiba-tiba saja padam. Di saat itulah Paspampres terlihat panik dan langsung mengambil tindakan mengamankan sambil ada yang berlari ke arah genset.