Brilio.net - Pada awal Mei 2019 lalu, kapal USS Navy Blue Ridge berlabuh di Jakarta untuk melakukan kunjungan kerja sama pertahanan. Dalam kunjungan tersebut, ada sosok inspiratif yang menarik perhatian publik, yaitu hadirnya salah seorang anggota Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) keturunan asli Indonesia. Ia adalah Chuncun Meares. Saat ini dirinya telah berpangkat Letnan II.

Sosoknya pun langsung viral lantaran belum ada orang Indonesia yang menjadi bagian dari USS Navy (Angkatan Laut AS) sebelum Chunchun Meares. Ia mempunyai beragam fakta yang mungkin belum diketahui oleh masyarakat Indonesia. Kira-kira seperti apa saja sih fakta mengenai Chunchun Meares, cowok asal Ponorogo yang jadi anggota AL Amerika Serikat?

Dirangkum brilio.net dari berbagai pada Rabu (27/5), berikut fakta-fakta menarik sosok Chunchun Meares, cowok Ponorogo anggota AL Amerika Serikat.


1. Asli Ponorogo.

Chunchun Meares AL Amerika Berbagai sumber

foto: Liputan6.com/Happy Ferdian Syah Utomo



Meski ChunChun adalah anggota angkatan laut Amerika Serikat, namun ia lahir di Ponorogo, Jawa Timur. Kedua orangtuanya juga berasal dari Indonesia.

"Saya lahir di Ponorogo dan sejak umur 13 tahun pindah ke Amerika Serikat," kata Chuncun seperti dikutip dari Liputan6.com.


2. Menjadi warga negara AS karena telah lama tinggal di sana.

Chunchun Meares AL Amerika Berbagai sumber

foto: Merdeka.com/Youtube Iwan Alexander



Ia mendapat kewarganegaraan AS karena telah tinggal lama di sana berama kedua orangtuanya. Ia mengungkapkan bahwa syarat utama untuk bergabung bersama Angkatan Laut AS adalah harus sudah menjadi warga negara Amerika Serikat.

Meski sudah menjadi warga negara AS, Chunchun mengatakan jika dirinya tetap bisa berbahasa Jawa. Hal ini dapat dilihat dalam unggahan channel YouTube Iwan Alexander.

"Bisa berbahasa Jawa?" tanya Iwan Alexander.

"Iso lah (bisa lah)," jawab Chunchun dengan bahasa Jawa.


3. Pertama kali pulang ke Indonesia dengan seragam militer.
Ia mengaku cukup sering berkunjung ke Indonesia, namun momen ini adalah kali pertamanya ia pulang ke Indonesia dengan seragam putih.

"Saya cukup sering berkunjung ke Indonesia, tapi tidak dengan seragam (Angkatan Laut) ini, jadi ini sangat spesial untuk saya," kata Chuncun.


4. Satu-satunya orang Indonesia yang jadi bagian US Navy.

Chunchun Meares AL Amerika Berbagai sumber

foto: navyoutreach.blogspot.com



Sejauh ini, Chunchun Meares menjadi satu-satunya orang Indonesia yang menjadi bagian dari US Navy (Angkatan Laut AS). Chuncun berharap, dengan hadirnya USS Blue Ridge, hubungan antara Indonesia dan Amerika Serikat dapat semakin kuat, terutama untuk bidang pertahanan.