Brilio.net - Seorang yang sangat berjasa patut diberikan tempat peristirahatan terakhir yang baik. Di Indonesia, seorang pahlawan nasional yang membela bangsa dimakamkan di taman makam pahlawan. Di sana berbaring jenazah para prajurit yang tak terhitung jasanya.

Walau demikian ada juga lho pelawak yang jenazahnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan. Wah kok bisa ya? Kira-kira apa jasa pelawak tersebut sehingga diberikan tempat peristirahatan terakhir yang spesial? Yuk simak penjelasannya di bawah ini dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (10/11).

1. Ratmi B-29.

pelawak © 2017 brilio.net berbagai sumber

foto:id.wikipedia.org

Suratmi atau Ratmi B-29 ialah pelawak yang kondang di tahun 70-an. Sebagai pelawak, ia mendapat kehormatan untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta. Kok bisa ya?

Ternyata Ratmi pernah menjadi anggota Barisan Srikandi/Laswi dan anggota staf Batalyon Brigade D/X-16 di Jawa Tengah. Ia ikut ambil bagian dalam revolusi fisik. Pangkatnya saja Sersan Dua. Namun waktu Indonesia mulai berdaulat ia malah mengundurkan diri dari jabatannya.

Selepas berjuang secara milier, Ratmi memilih menjadi pelawak. Ia kerap menghibur keluarga TNI. Ia juga mendapat penghargaan jasa yakni Bintang Gerilya, SLPK I dan II, GOM I dan V.

2. Triman Srimulat.

pelawak © 2017 brilio.net berbagai sumber

foto: makeagif.com

Pelawak Triman Srimulat juga dimakamkan di Taman Makam Pahlawan lho. Pelawak yang kerap bertingkah lucu mengucap kata 'Bambang' tersebut ternyata sangat berjasa untuk negara.

Triman ternyata veteran yang berjuang membela kemerdekaan Indonesia. Dulu ia ditugaskan di Resimen I Brigade VIII Divisi IV Kodam Diponegoro. Selama menjadi anggota militer, ia mendapat sejumlah penghargaan seperti, beberapa Satya Lencana dan beberapa penghargaan dari menteri pertahanan.