Brilio.net - Sejak zaman dulu dunia telah banyak melahirkan tokoh inspiratif dalam segala bidang. Misalnya saja dalam bidang politik, pemerintahan sampai dengan inovasi ilmu pengetahuan.

Tapi tahukah kamu, jika setidaknya ada 10 pasangan suami istri (pasutri) yang sampai kini namanya melegenda karena kiprahnya untuk dunia? Dalam banyak catatan sejarah, pasutri ini banyak ditulis dan dipuji karena apa yang telah mereka lakukan selama hidupnya.

Siapa saja mereka? Berikut ulasannya, 10 pasutri yang dianggap paling inspiratif dan kuat di dunia, seperti dilansir brilio.net dari list amaze, Selasa (17/10):


1. Henry II dan Eleanor dari Aquitaine.

10 Pasutri paling inspiratif dan melegenda © 2017 brilio.net

Henry II adalah raja Inggris dan Eleanor adalah ratu cantik Prancis selama hampir 15 tahun sejak pernikahan pertamanya. Dua orang kuat dari abad ke-11 itu kemudian menikah dan menguasai sebagian besar wilayah Inggris Raya dan Prancis bersama-sama.

Mereka dianggap sebagai pasangan paling inspiratif sekaligus kuat pada masanya. Keduanya menikah pada 18 Mei 1152 saat Henry II berusia 20 tahun dan Eleanor berusia 30 tahun. Eleanor adalah salah satu wanita terkaya dan paling kuat di Eropa Barat selama abad pertengahan. Di sisi lain Henry adalah raja Inggris yang tangguh.


2. Nancy dan Ronald Reagan.

10 Pasutri paling inspiratif dan melegenda © 2017 brilio.net

Nancy dan Ronald Reagan adalah pejabat sekaligus aktor yang tersohor pada zamannya. Ronald Reagan adalah Presiden Amerika Serikat ke-40 dan Nancy adalah Ibu Negara Amerika Serikat dari tanggal 20 Januari 1981 sampai 20 Januari 1989 selama delapan tahun.

Ronald Reagan menikahi Nancy pada tanggal 4 Maret 1952. Ronald Reagan membantu pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat, PDB, pengendalian inflasi dan memperjuangkan kerja di sektor publik.

Ronald Reagan pernah berhasil lolos dari percobaan pembunuhan. Sebagai pasangan aktor Hollywood dan politisi, keduanya sampai dijuluki salah satu pasangan paling kuat dalam sejarah.


3. Mao dan Madame Mao.

10 Pasutri paling inspiratif dan melegenda © 2017 brilio.net

Mao dan Madame Mao adalah pemimpin terkuat China pada masanya. Mao Zedong adalah seorang revolusioner dan pendiri Republik Rakyat Cina.

Dia tangguh dan berbahaya karena gaya kediktatorannya dianggap sebanding dengan Adolf Hitler. Dalam beberapa catatan sejarah, dia disebut sukses mengusir imperialisme dari China, modernisasi China, memperbaiki pendidikan, mengangkat status wanita dan perawatan kesehatan.

Sementara itu Jiang Qing yang juga dikenal sebagai Madame Mao adalah seorang aktris dan tokoh politik China. Qing bertanggung jawab atas pembentukan aliansi politik radikal 'Gang of Four' yang bertanggung jawab untuk mengendalikan mayoritas institusi politik dan propaganda media China. Qing menikahi Mao dan menjadi wanita pertama yang bersama-sama mengendalikan negara adikuasa China.


4. Bill dan Hillary Clinton.

10 Pasutri paling inspiratif dan melegenda © 2017 brilio.net

Pada tahun 2016, pasangan ini disebut sebagai salah satu pasangan paling tangguh di dunia. Bill Clinton adalah Presiden Amerika Serikat ke-42 dan Hilary Clinton, seorang politisi dan terkenal sebagai calon Partai Demokrat untuk Presiden Amerika Serikat dalam pemilihan 2016. Dia bertanggung jawab untuk mengadvokasi intervensi militer Amerika di Libya sebagai Sekretaris Negara.

Selama peran presiden Bill Clinton, dia melewati reformasi kesejahteraan dan Program Jaminan Kesehatan Anak-anak Negara Bagian, yang memberikan reformasi kesehatan bagi jutaan anak-anak. Clinton pun tetap aktif dalam dunia politik, bahkan setelah masa jabatannya dengan mengkampanyekan kandidat Demokrat seperti Obama dan istri Clinton, Hilary.

Clinton juga bekerja sama dengan George W Bush untuk membentuk Dana Haiti Clinton Bush. Clinton menikahi Hilary pada tanggal 11 Oktober 1975 menghasilkan pasangan yang sampai sekarang masih dianggap inspiratif di dunia.


5. Pierre Curie dan Marie Curie.

10 Pasutri paling inspiratif dan melegenda © 2017 brilio.net

Berbeda dengan 4 pasangan di atas, pasangan nomer 5 ini justru bisa dibilang unik. Sebab, mereka tidak kaya, bukanlah pasangan politisi atau pun penguasa. Namun mereka terbukti sangat kuat karena kecerdasannya dan sudah memberikan banyak sumbangsih penemuan untuk dunia.

Ya, Pierre Curie dan Marie Curie adalah pemenang Hadiah Nobel. Marie Curie adalah wanita pertama yang memenangkan Hadiah Nobel dan juga satu-satunya wanita yang memenangkan dua Penghargaan Nobel dalam dua bidang ilmu pengetahuan, yakni Fisika dan Kimia.

Marie berasal dari Polandia dan Pierre berasal dari Prancis. Mereka menikah pada 26 Juli 1895. Keduanya dikenal karena karya hebat mereka dalam radioaktivitas.

Marie Curie lebih dikenal karena menemukan dua unsur, polonium dan radium sedangkan Pierre Curie dikenal dengan hukum Curie. Mereka dianggap sebagai pasangan inspiratif karena kecerdasannya melahirkan sesuatu yang baru dalam ilmu pengetahuan dunia.


6. Franklin Delano Roosevelt dan Eleanor Roosevelt.

10 Pasutri paling inspiratif dan melegenda © 2017 brilio.net

Franklin Delano Roosevelt adalah Presiden Amerika Serikat ke-32. Negarawan dan pemimpin politik Amerika itu memenangkan empat pemilihan presiden.

Semasa kejayaannya dia bertanggung jawab atas mobilisasi ekonomi Amerika selama Perang Dunia II sekaligus menjadi pemimpin Partai Demokrat yang dominan membantu pengembangan bom nuklir pertama.

Franklin Roosevelt menikahi Eleanor Roosevelt pada tanggal 17 Maret 1905. Eleanor Roosevelt adalah seorang pemimpin politik, aktivis dan diplomat Amerika.

Eleanor Roosevel juga disebut sebagai Ibu Negara yang paling lama melayani Amerika Serikat. Dia juga wanita paling dikagumi di dunia karena gaya dan kecerdasannya. Pasangan ini sampai sekarang juga disebut sebagai pasangan tangguh dari Amerika.


7. Isabella I dari Kastilia dan Ferdinand II dari Aragon.

10 Pasutri paling inspiratif dan melegenda © 2017 brilio.net

Isabella I dari Kastilia adalah ratu kuat Spanyol dan Ferdinand II dari Aragon adalah Raja Sisilia dan Raja Aragon. Pasangan tersebut bersama-sama menguasai bagian-bagian utama negara-negara Eropa saat ini seperti Spanyol, Tunisia, Italia, Malta, Gibraltar dan banyak negara lainnya.

Pada tanggal 19 Oktober 1469, mereka menikah dan sepakat untuk memerintah bersama. Setelah mengalahkan Prancis dalam sebuah perang, Ferdinand menjadi Raja Napoli. Dia mempertemukan Napoli dan Sisilia untuk dikenal sebagai Raja Navarre.

Ferdinand juga terkenal karena meresmikan penemuan 'Dunia Baru', saat pelayaran pertama Christopher Columbus yang disponsori olehnya dan istrinya Isabella.


8. Napoleon Bonaparte dan Josephine.

10 Pasutri paling inspiratif dan melegenda © 2017 brilio.net

Napoleon Bonaparte adalah tokoh politik paling terkenal dan terkenal dalam sejarah manusia. Dia adalah seorang pemimpin politik dan militer tangguh dari Prancis.

Seperti Napoleon I, dia adalah Kaisar Prancis yang sukses menjabat sekitar 10 tahun. Napoleon mendominasi urusan Eropa dan global selama satu dekade.

Namanya menjadi terkenal selama Revolusi Prancis dan berhasil memimpin banyak kampanye selama Perang Revolusi. Dia adalah salah satu komandan militer yang paling dihormati dalam sejarah, bahkan keahliannya sudah dipelajari di sekolah militer di seluruh dunia bahkan sampai sekarang.

Josephine adalah istri pertama dan permaisuri pertama Napoleon. Sebelum menjadi permaisuri Prancis, dia adalah Ratu Permaisuri Italia. Pasangan ini sangat kuat karena gaya kepemimpinannya selama mereka hidup.


9. Julius Caesar dari Roma dan Cleopatra dari Mesir.

10 Pasutri paling inspiratif dan melegenda © 2017 brilio.net

Cleopatra IV yang juga dikenal sebagai Cleopatra adalah Firaun paling terkenal di Mesir. Dia terkenal karena kecantikan, kekuatan, kecerdasan dan kepemimpinannya.

Cleopatra juga dikenal karena hubungannya dengan salah satu pria terhebat dalam sejarah - Julius Caesar. Julius Caesar adalah seorang penulis besar prosa Latin, pemimpin politik dan jenderal militer.

Dia dianggap hebat karena memainkan peran penting dalam runtuhnya Republik Romawi dan meningkatkan Kekaisaran Romawi. Ia bertemu Cleopatra saat ia melarikan diri ke Mesir untuk mengejar musuhnya Pompey.

Hubungan mereka menjadi kontroversial, karena Julius Caesar membunuh suami dan ayah Cleopatra untuk meningkatkan kekuatan Cleopatra atas tahta dan kerajaan. Alasannya keduanya dianggap bakal menjadi kekuatan politik yang tak tertandingi.


10. Melinda dan Bill Gates.

10 Pasutri paling inspiratif dan melegenda © 2017 brilio.net

Melinda Gates dan Bill Gates adalah pasangan paling kuat di dunia dan dalam sejarah. Bill Gates adalah salah satu orang terkaya di dunia dan pada tahun 2016 kekayaan bersihnya mendekati USD 90 miliar.

Bill Gates menikahi Melinda Ann Gates pada tahun 1994. Keduanya adalah seorang dermawan dan sangat sering menyumbang untuk amal. Pasangan ini dianggap tangguh sekaligus inspiratif saat mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation pada tahun 2000 yang merupakan yayasan swasta terbesar di dunia.

Sekadar diketahui, pada 1975, Bill Gates dan Paul Allen mendirikan salah satu perusahaan teknologi paling kuat di dunia hingga kini, yakni Microsoft. Bill Gate akhirnya masuk majalah Time dari 100 orang yang paling berpengaruh pada abad ke-20, sekaligus salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di tahun 2004.