Brilio.net - Presiden Joko Widodo mengumumkan nama-nama menterinya pada Rabu pagi (23/10) di Istana Merdeka. Setidaknya ada 38 nama yang akan mengisi kursi Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Wajah-wajah baru pun sempat terlihat di Kompleks Istana sejak Senin hingga Selasa kemarin.

Pada pengumuman tersebut, Presiden Joko Widodo resmi menunjuk Zainudin Amali sebagai Menpora. Zainudin Amali merupakan kader Partai Golkar. Dia pernah menjadi Ketua DPP Partai Golkar periode 2014-2019. Dia juga menjadi anggota DPR RI selama empat periode dengan menempati berbagai komisi.

Pria kelahiran Gorontalo itu akan menggantikan posisi Imam Nahrawi. Seperti diketahui, Imam Nahrawi tidak bisa menyelesaikan masa jabatannya sebagai Menpora karena tersandung kasus korupsi.

Imam Nahrawi terpaksa mundur dari jabatannya sekitar satu bulan sebelum masa jabatannya berakhir setelah ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka korupsi dana hibah KONI. Pasca ditahannya Imam Nahrawi sebagai tersangka, kursi Menpora ditempati Hanif Dhakiri sebagai Pelaksana Tugas selama sebulan.

tradisi pria menpora berkumis © merdeka.com & liputan6.com

foto: merdeka.com

 

Terpilihnya Zainudin Amali sebagai Menpora juga sekaligus mengakhiri 'tradisi' pria berkumis sebagai orang nomor satu di kepemudaan dan olahraga Indonesia. Sejak Kementerian Pemuda dan Olahraga diadakan kembali pada Kabinet Indonesia Bersatu pada 2004, Menpora selalu ditempati pria berkumis.

Menpora berkumis dimulai dari Adhyaksa Dault. Kader PKS ini menjadi menteri dalam Kabinet Indonesia Bersatu di masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kemudian dilanjutkan oleh Andi Alfian Mallarangeng. Kader Partai Demokrat ini dipilih sebagai Menpora dalam Kabinet Indonesia Bersatu II.

Andi tak dapat menyelesaikan masa jabatannya karena dijadikan tersangka korupsi oleh KPK. Posisi Andi kemudian digantikan kader Partai Demokrat lainnya yang berkumis yakni Roy Suryo. Roy memiliki kumis tipis. Setelah Roy, 'tradisi' Menpora berkumis dilanjutkan Imam Nahrawi. Saat baru menjabat, Imam memiliki kumis tipis. Nah, Menpora yang baru, Zainudin Amali sendiri tidak berkumis.