Brilio.net - Penyaluran bantuan sosial (Bansos) kepada warga tidak mampu dan terdampak Covid-19 tidak sedikit menuai masalah. Melalui video yang tersebar di media sosial, seorang kepala desa di Kabupaten Subang, Jawa Barat mengkritisi kebijakan paket bantuan tersebut. Bahkan menilai kebijakan yang saat ini berpolemik itu seolah menjadi ajang pencitraan sejumlah pihak.

Di dalam video, dikabarkan Kepala Desa Jalancagak, Kabupaten Subang, Indra Zainal Alim menuturkan sikap keberatannya dengan skema dan implementasi pendistribusian bansos.

Bukan hanya tampil sendirian, Kades Jalancagak juga didampingi oleh Kepala Dusun, Ketua RW dan Ketua RT. Mengenakan seragam dinas pemerintahan, sejumlah perangkat desa tersebut menyampaikan keluh kesahnya serta menyayangkan pernyataan para pejabat tinggi yang justru dianggap membuat resah warga desanya.

Kades tersebut juga turut meminta perhatian serius soal polemik ini dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Tolong, ketika bapak mengeluarkan satu kebijakan untuk warga masyarakat luas khususnya yang berhubungan dengan warga desa, apalagi terkait bantuan, tolong sebaiknya bapak pikirkan terlebih dahulu yang lebih matang," ungkap Indra Zainal Alim.

Loading...

"Jangan sesekali menggembar-gemborkan bahasa bahwa akan mendapat bantuan. Warga kami sudah tenang Pak sebenarnya, sebelum ada statement-statement dari bapak bahwa kami akan mendapatkan bantuan," tambahnya.

"Karena warga kami sudah terbiasa hidup dengan kesusahan, dengan statement bapak kami akan mendapat bantuan ini semua ricuh! Dan yang paling garda terdepan adalah kami sebagai kepala desa," tegas Indra.

Pola penetapan kebijakan yang kerap berubah hingga dugaan bahwa momen mengemukanya bencana corona ini sebagai panggung pencitraan adalah hal yang sangat dikeluhkan Indra.

"Kami sebagai kepala desa seolah-olah diadudomba dengan kebijakan bapak dengan warga kami sendiri," keluhnya.

Sebelumnya, nama Indra Zainal Alim memang sempat mencuat terkait pernyataannya yang memberikan imbauan kepada warga Desa Jalancagak, Kabupaten Subang.

Dia mengimbau kepada warga agar jangan menjadikan virus corona ini sebagai setan yang menghalang halangi setiap kegiatan keagamaan atau kegiatan apa pun juga.

Hingga berita ini tayang, belum ada tanggapan resmi dari Indra Zainal Alim terkait video yang viral tersebut.

RECOMMENDED BY EDITOR