Brilio.net - Proses Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) atau dikenal dengan istilah ospek. Ospek bertujuan untuk mengenalkan kampus kepada calaon mahasiswa baru. Dalam ospek, mahasiswa baru akan diberikan informasi terkait pendidikan di perguruan tinggi. Karena pandemi, kegiatan online saat ini dilakukan secara saring.

Baru-baru ini sedang ramai kembali di media sosial beberapa kegiatan PKKMB atau ospek online yang terlihat membentak mahasiswa baru. Beberapa waktu lalu, kegiatan ospek online yang dilaksanakan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (FIP Unesa) sempat viral di media sosial.

Video PKKMB online Unesa ini viral lantaran dapat dilihat bahwa ada beberapa panitia yang memarahi dan membentak mahasiswa baru yang nggak menggunakan ikat pinggang. Baru-Baru ini, kejadian serupa kembali terjadi. Bermula saat akun Twitter @ababil_kuadrat mengungkap kasus memarahi pada saat ospek online Fakultas Teknik Universitas Bengkulu (UNIB).

Di video yang beredar, terlihat seorang mahasiswa baru tengah dimarahi hingga dibentak. Tidak hanya itu, panitian ospek juga meminta mereka mencoret wajah dengan menggunakan lipstik dan bahkan menggunakan kopi.

ospek coret muka Instagram

foto: Instagram/@makassar_iinfo

Dilansir dari unggahan Instagram @makassar_iinfo, Kamis (17/9). Dapat dilihat seorang mahasiswi baru yang tengah mengikuti PKKMB secara online. Ospek online yang viral ini lantas menuai pro kontra.

Banyak yang menganggap aksi ospek dengan membentak mahasiswa baru ini sudah berlalu, dan kini berganti ke kegiatan ospek yang lebih memperkenalkan fasilitas dan aturan kampus, sehingga berganti nama menjadi PKKMB.

"hahaha di suruh pergi kuliah sama orang tua bukan pergi untuk di bentak-bentak, ospek sebenarnya harus mendidik bukan di bentak-bentak sok galak," kata @asri.syahruddin.

Namun ternyata ada juga yang pro dengan aksi ospek seperti yang ada di video karena menganggap memang seperti itu seharusnya ospek dilakukan. Bahkan ada yang beranggapan, banyak orang-orang hebat yang dulunya ketika kuliah merasakan ospek seperti ini.

"Jangan salah, banyak orang2 hebat yg kita lihat sekarang berasal dari ospek yg seperti itu," kata @gilang_almilda.

"Online aja barbar apalagi kalau ketemu langsung," tulis @den15etiawan

"na dri dlu sbnrnya ini ospek bgini, kenapa baru dipermasalahkan?," kata @agrptm.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Keterlaluan, Viral Ospek Online Senior Memarahi Junior Sampai Menyuruh Coret Muka. . Geser dan simak videonya.

A post shared by OFFICIAL MAKASSAR INFO (@makassar_iinfo) on