Brilio.net - Status Gunung Merapi yang hingga saat ini masih di level III atau 'Siaga', membuat masyarakat khususnya di sekitar lereng Merapi selalu waspada. Hal itu membuat masyarakat terus mengakses informasi terkait Merapi, baik lewat media mainstream maupun media sosial.

Belum lama ini, viral sebuah postingan foto berupa gundukan hitam yang berada di lereng Gunung Merapi. Foto tersebut kemudian tersebar di linimasa dan membuat banyak spekulasi bermunculan. Salah satunya adalah adanya anggapan bahwa gundukan tersebut merupakan kubah lava baru.

Kabar tersebut kemudian menyebar dan membuat heboh masyarakat. Oleh karena itu Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), memberikan penjelasan terkait foto berupa gundukan hitam di lereng Merapi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BPPTKG (@bpptkg)

Melansir dari Instagram resmi BPPTKG, dikutip brilio.net, Kamis (4/2), Hanik Humaida selaku kepala BPPTKG menegaskan bahwa material berupa gundukan hitam bukanlah kubah lava baru, melainkan material yang terbawa oleh awan panas. Keputusan tersebut sudah melalui observasi oleh pihak BPPTKG.

Loading...

"Berdasarkan hasil observasi, material tersebut terlihat tidak berpijar, tidak teramati adanya asap di material tersebut, serta tidak terdapat rekahan di sekeliling material. Kami simpulkan material tersebut adalah material vulkanik yang terbawa oleh aliran awan panas guguran," jelas Hanik Humaida.

Selain menjelaskan terkait viralnya foto berupa gundukan hitam di lereng Merapi, Hanik juga mengimbau agar masyarakat untuk selalu mengakses informasi dari sumber yang terpercaya.

Ada beberapa saluran yang bisa dipilih masyarakat untuk mengetahui lebih detail informasi terkait Gunung Merapi. Mulai dari Pos Pengamatan Gunung Merapi terdekat, radio komunikasi frekuensi 165.075 MHz, website merapi.bgl.esdm.go.id, dan media sosial milik BPPTKG.

RECOMMENDED BY EDITOR