Brilio.net - Selama masa pandemi seperti saat ini banyak orang yang kehilangan pekerjaan. Sehingga banyak orang yang mengalami kesulitan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Kondisi terhimpitnya kebutuhan ini terkadang membuat seseorang memilih jalan pintas. Bahkan perbuatan yang tidak baik terpaksa dilakukan agar dapat memenuhi kebutuhan.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh seorang pria yang tengah viral di media sosial ini. Dilansir brilio.net dari akun Instagram @shollataufiq, Kamis (23/12) ia mengunggah video yang memperlihatkan aksi pencurian kotak amal.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by solla taufiq (@shollataufiq)

Dari pantauan kamera CCTV pencurian kotak amal tersebut di salah satu masjid yang ada di Jepara, Jawa Tengah. Pelaku melangsungkan aksinya sekitar jam 2 dini hari. Aksinya itu terekam kamera CCTV masjid dan tersebar luas di media sosial.

maling kotak amal tingggalkan surat © 2021 Instagram

foto: Instagram/@shollataufiq

Dalam video terlihat seorang pria masuk ke dalam masjid engan menaiki sepeda motor.
Sesampainya di masjid, si pria langsung berjalan ke arah kotak amal untuk melancarkan aksinya.

Setelah berhasil mengambil uang yang ada di kotak amal tersebut. Pencuri itu terlihat memasukkan uang hasil curiannya ke sebuah kain berwarna hitam yang telah ia siapkan.

maling kotak amal tingggalkan surat © 2021 Instagram

foto: Instagram/@shollataufiq

Namun yang menjadi sorotan, maling kotak amal tersebut meninggalkan sebuah surat. Secarik kertas tersebut berisikan pesan bahwa maling itu akan mengembalikan uang curiannya dalam jangka waktu setahun.

“Dalam jangka setahun uang di dalam kotak ini akan aku kembalikan pada intinya anak saya butuh hp buat sekolah dan sekali saya minta maaf, maklum saya tidak bekerja. Sekedar mengingatkan, lain kali kotaknya dibawa masuk kedalam,” tulis pria tersebut dalam suratnya.

Video yang diunggah oleh akun Instagram @shollataufiq itu lantas viral di media sosial. Kolom komentarnya ramai dengan beragam reaksi dari warganet.

"Bang, kalo nemu kasih info ya. Siapa tau kita bisa bantu kesulitan dia. Coba selidiki sekalian kyk gimana kondisi kehidupan dia," balas @anggara.d.billy27.

"Sopan banget maling nya," komentar @adityaprayudi.

"Ya Allah, mudahkanlah segala urusan anak2 kita yg sedang belajar dan orang tua yg sedang berusaha" sahut @murclektw.